>
Jumat, 13 September 2019 08:14

Revitalisasi Perpustakaan Meningkatkan Literasi Informasi Berbasis TIK Dan Kualitas SDM

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melaksanakan sosialisasi pengembangan program revitalisasi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Horison Nayumi, Kota Gorontalo, Kamis-Sabtu (12-14/9/2019).

Sosialisasi pengembangan revitalisasi perpustakaan ini dibuka oleh dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Opong Sumiyati, diikuti oleh 50 orang perwakilan dinas kearsipan dan perpustakaan dari provinsi dan kabupaten/kota.

“Mohon maaf kepada Kepala Dinas dan seluruh peserta atas ketidakhadiran Kepala Perpusnas karena dalam kegiatan ini karena sementara mengikuti Diklat Lemhanas,” kata Opong Sumiyati mengawali sambutan pembukaan.

Opong Sumiyati mengatakan kegiatan sosialisasi pengembangan program revitalisasi perpustakaan ini  dilaksanakan di hampir seluruh provinsi dan pada hari ini Provinsi Gorontalo beroleh kesempatan untuk dilaksanakannya kegiatan ini.

Opong Sumiyati menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan literasi informasi berbasis teknologi Informasi Komunikasi (TIK), meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, mempererat peran dan fungsi perpustakaan agar tidak hanya sekedar tempat penyimpanan dan peminjaman buku.

“Fungsi perpustakaan sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Opong Sumiyati.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Yosef Koton menambahkan sasaran program revitalisasi perpustakaan bukan hanya untuk anak sekolah tapi masyarakat umum seperti pemuda, perempuan dan juga pelaku usaha mikro termasuk kelompok marginal.

“Kelompok marginal seperti penyandang disabilitas juga disasar dalam program revitalisasi perpustakaan ini,” kata Yosep Koton.

Semua sasaran ini dicakup sebagai upaya untuk pemberdayaan dan pengembangan perpustakaan sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM dan dapat  meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

 

Pewarta : Suleman - Dinas Arpus

Baca 263 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo