>
Senin, 01 Juli 2019 12:22

Rifli Katili Siap Terapkan 4A Pariwisata

Oleh
Beri rating
(1 Vote)
Brand Pariwisata Provinsi Gorontalo Brand Pariwisata Provinsi Gorontalo

GORONTALO  – Di sela-sela serah terima jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Gorontalo, Rifli Katili Kepala Dinas Pariwisata yang baru menyatakan berada di dunia pariwisata adalah tantangan yang menarik.

Dalam jabatan barunya menggantikan Nancy Lahay yang bergeser menjadi staf ahli Gubernur, Rifli Katili akan berupaya sejalan dengan komitmen Kementrian Pariwisata dan Kabupaten dan Kota untuk menerapkan “4A” pariwisata.

4 A yang dimaksud Rifli Katili adalah Accesability, Attraction, Amenities, dan Ancillary.

Accesability terkait dengan akses ke obyek wisata, Attraction berkaitan dengan “how to see” dan “how to do” oleh wisatawan yang berkunjung.  Amenities terkait dengan sarana penunjang dan akomodasi, serta ancillary terkait dengan kelembagaan.

“Pariwisata harus dikelola oleh organisasi swasta yang ikut menjaga dan melestarikan pariwisata,” kata Rifli Katili.

Serah terima jabatan ini dipimpin Sekretaris Daerah, Darda Daraba di Kantor Gubernur, Senin (1/7/2019).

Sertijab tersebut tindak lanjut dari 12 pejabat yang dilantik pada Selasa pekan lalu. 2 pejabat lain merupakan pelaksana tugas untuk mengisi jabatan yang kosong.

Darda Daraba berharap pergantian pejabat ini dapat dimaknai sebagai peningkatan kinerja. Mutasi adalah hal yang biasa untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan organisasi.

 “Reposisi dibutuhkan untuk membangkitkan dinamika yang baru sehingga inovasi untuk menjalankan roda organisasi yang lebih bagus bisa tercapai,” kata Darda Daraba.

Adapun 12 pejabat yang dilantik yakni Sila Botutihe yang menjabat Kadis Pangan, Zukri Surotinojo menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Huzairin Roham sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah.

Asisten Administrasi Umum dipercayakan kepada Sukril Gobel. Nancy Lahay menjabat staf ahli, serta Asri Banteng yang kini dipercaya sebagai Kadis Kominfo dan Statistik.

Sutrisno menjabat staf ahli, Husen Hasni sebagai Kadis Perikanan dan Kelautan, Bambang Trihandoko menjabat Kadis PNM, ESDM dan Nakertras. Faizal Lamakaraka promosi menjadi Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rifli Katili digeser menjadi Kadis Pariwisata.

Selain serah terima jabatan 12 pejabat yang dilantik, ada juga serah terima jabatan dua pelaksana tugas (Plt) yakni Biro Humas dan Protokol serta Biro Umum. Kepala Biro Humas dan Protokol sebelumnya dipegang Wardoyo Pongoliu kini dipercayakan kepada Masran Rauf yang juga menjabat Kabag Protokol. Plt Kepala Biro Umum dipercayakan kepada Reflin Buata yang menggantikan posisi Zukri Surotinojo.

 

Pewarta : Isam - Humas

Baca 596 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama