>
Sabtu, 11 Juli 2020 04:13

Rusli Habibie Berharap BPN Tuntaskan PR Featured

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (upiah karanji) saat memberikan sambutan pada penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat secara virtual di aula kantor BPN Provinsi Gorontalo, Jumat (10/7/2020). (Foto: Salman-Humas) Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (upiah karanji) saat memberikan sambutan pada penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat secara virtual di aula kantor BPN Provinsi Gorontalo, Jumat (10/7/2020). (Foto: Salman-Humas)

GORONTALO – Beberapa Pekerjaan Rumah (PR) Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo terkait sertifikat maupun permasalahan lahan diharapkan segera terselesaikan.

Harapan ini disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menghadiri penyerahan sertifikat tanah oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Himawan Arief Sugoto, yang dilakukan secara virtual di aula kantor BPN, Jumat (10/7/2020).

Sejumlah pekerjaan rumah yang dimaksud oleh Rusli Habibie antara lain penyelesaian sertifikat di zona Danau Limboto, masalah irigasi randangan, persoalan waduk Bulango Ulu, lokasi khusus transmigrasi, serta masalah Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

“Ketika saya menjadi gubernur di tahun 2012, ada dua surat yang saya keluarkan. Surat yang pertama permohonan kepada Kanwil BPN untuk mengevaluasi, meninjau kembali sertifikat yang telah keluar di zona Danau Limboto. Yang kedua, saya bermohon lagi kepada BPN untuk tidak lagi mengeluarkan sertifikat di zona Danau Limboto karena itu akan kita kembalikan lagi fungsinya seperti sedia kala,” kata Rusli Habibie.

Pekerjaan rumah lainnya yang disinggung oleh Rusli Habibie adalah Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

“Ada beberapa kabupaten yang mengusulkan untuk TORA dan permasalahan ini sudah berpuluh tahun mereka tinggali, bahkan sudah ada yang menjadi desa definitif sesuai dengan SK Mendagri tapi lahannya belum terselesaikan,” ungkap Rusli.

Namun untuk masalah irigasi Randangan dan waduk Bulango Ulu saat ini, gubernur berterima kasih karena Kakanwil BPN serta jajaran Pemkab Bone Bolango telah bekerja keras dan selalu turun memantau penyelesaian masalah ini.

“Pak kakanwil BPN juga sudah sering turun dengan kami di lapangan untuk menyelesaikan sertifikat irigasi Randangan yang belum selesai. Juga persoalan waduk Bulango Ulu yang sekarang sementara dikerjakan. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Kakanwil dan jajaran Kabupaten Bone Bolango yang begitu serius dan rajin turun lapangan menyelesaikan pembebasan lahan tahap kedua di lokasi waduk,” kata Rusli.

Ruslipun berterima kasih karena masalah lokasi khusus transmigrasi di kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara dan Pohuwato telah dijanjikan segera diselesaikan.

“Mudah-mudahan PR ini akan kita selesaikan dan juga kita berikan dukungan kepada pak presiden, insyaallah pada akhir jabatan beliau tahun 2024 seluruh masyarakat sudah memiliki sertifikat hak milik,” harapnya.

 

Pewarta : Anie/Nova - Humas

Baca 51 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama