>
Jumat, 25 Oktober 2019 20:17

Rusli Habibie Kunjungi Balitnak Ciawi Untuk Kembangkan Kambing

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie  saat meninjau peternakan kambing di Balai Penelitian Ternak (Balitnak) di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/10/2019). Kunjungan itu untuk menjajaki kerjasama peternakan kambing pedaging dan kambing susu di Gorontalo. (Foto: Sani-BPPG). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau peternakan kambing di Balai Penelitian Ternak (Balitnak) di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/10/2019). Kunjungan itu untuk menjajaki kerjasama peternakan kambing pedaging dan kambing susu di Gorontalo. (Foto: Sani-BPPG).

BOGOR – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berkunjung ke Balai Penelitian Ternak (Balitnak) di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/10/2019). Kunjungan tersebut dalam rangka penjajakan kerjasama pengembangan hewan ternak di Gorontalo.

“Alhamdulillah kunjungan ke sekian kali untuk pengembangan ternak. Sektiar lima tahun lalu saya ke sini kami mendapat bantuan ayam KUB. Alhamdulillah sekarang sudah ada 2000 ekor ayam yang kita kembangkan terus,” kata Rusli Habibie.

Dikatakan Rusli Habibie, kunjungan kali itu spesifik untuk menjajaki rencana pengembangan ternak kambing di Gorontalo. Jenis kambing yang ingin dikerjasamakan yakni kambing pedaging dan kambing susu.

Rusli Habibie menyebut Gorontalo cukup prospektif untuk pengembangan ternak kambing. Selain faktor ekonomisnya yang cerah, pemprov mempunyai ketersediaan lahan, SDM peternak serta petugas lapangan untuk pengembangannya.

“Makanya saya datang ke sini untuk melihat kambing apa yang cocok untuk Gorontalo, bagaimana perkembangannya dan teknologi apa yang akan digunakan. Alhamdulillah mendapat respon dari para peneliti di sini,” ujar Rusli Habibie.

Jika kerjasama tersebut terwujud, maka pihak Balitnak akan menyediakan benih ternak dan transfer pengetahuan di Gorontalo. Selanjut pemprov akan melakukan pengembangan untuk dibagikan lagi kepada masyarakat sebagai stimulan. Hal yang pernah dilakukan untuk peternakan ayam Kampung Unggulan Balitnak (KUB).

Rusli Habibie datang didampingi Kadis Pertanian Muljady D Mario. Keduanya diterima oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Atien Priyanti. Hadir juga Kepala Balai Penelitian Ternak, Andi Baso Lompengen Ishak, serta sejumlah peneliti.

 

Pewarta: Isam/Jusni - Humas

Baca 69 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo