>
Minggu, 15 September 2019 23:16

Rusli Habibie Perintahkan Penertiban Galian C Di Sungai Bone

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) saat meninjau aktivitas galian C di Sungai Bone, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (15/9/2019). Gubernur berharap aktivitas tambang kerikil sungai itu tetap memperhatikan izin dan dampak lingkungan. (Foto: Alfred-Humas). Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) saat meninjau aktivitas galian C di Sungai Bone, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (15/9/2019). Gubernur berharap aktivitas tambang kerikil sungai itu tetap memperhatikan izin dan dampak lingkungan. (Foto: Alfred-Humas).

SUWAWA – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta para penambang galian C di sepanjang sungai Bone untuk tertib aturan. Hal tersebut disampaikan Rusli di sela-sela pelaksanaan adventure offroad Jelajah Wisata Alam Gorontalo (JWAG) 2019 yang melintasi sungai Bone, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (15/9/2019).

“Yang mereka gali itu delta (endapan sungai). Di musim kering seperti ini airnya surut yang tersisa delta. Harusnya ini menjadi program pemerintah untuk pengerukan, tapi karena ada galian C kita terbantu,” ujar Rusli.

Menurut Rusli, eksistensi penambang galian C cukup penting. Selain mengurangi delta sungai, galian C membantu pemerintah khususnya dalam hal bahan baku pembangunan infrastruktur. Meski begitu, galian C harus memperhatikan aturan berupa Izin Usaha Pertambangan  dan Lingkungan.

Bagi penambang galian C, setidaknya ada tiga izin yang harus mereka penuhi yakni IUP Operasi Produksi dari Pemprov, Izin Lingkungan dari Pemkab/Pemkot serta Rekomendasi Sungai dari Balai Wilayah Sungai (BWS).

“Sehingga tadi kami sampaikan ke mereka harus memperhatikan lingkungan dan mengurus izin. Pemda juga diuntungkan karena menghasilkan PAD bagi pemda setempat,” imbuhnya.

Adventure offroad JWAG di sungai Bone merupakan etape ketiga yang dilakukan Gubernur Rusli bersama pecinta otomotif di daerah. Lintasan di daerah Kabila dan Suwawa itu menjadi salah satu etape offroad pelaksanaan JWAG yang akan dilakukan dalam skala nasional pada Februari 2020 nanti.

 

Pewarta: Isam - Humas

Baca 177 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo