>
Jumat, 20 September 2019 14:22

SDM Kominfo Harus Mampu Adaptasi Perkembangan Industri 4.0

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Peran Dinas Komunikasi Informatika sangat dibutuhkan dan strategis pada era industri 4.0.  Kecepatan dan konten menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari dalam dinamika bermasyarakat dan bernegara.

Hal ini disampaikan oleh M Jamal Nganro, Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo saat membuka rapat koordinasi dinas komunikasi informatika statistik dan persandian se-Provinsi Gorontalo, Jumat (20/9/2019).

M Jamal Nganro memastikan semua kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membutuhkan teknologi informasi untuk kepentingan publikasi, edukasi, dan pelayanan ke masyarakat.

Untuk itu Sumber Daya Manusia (SDM) di dinas ini harus terampil, handal dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan dinamika yang terjadi.

“SDM Kominfo harus siap dan mempuni untuk melayani kebutuhan OPD lain untuk melayani informasi,” ujar M Jamal Nganro.

Untuk itu, M Jamal Nganro menegaskan mindset dinas ini harus berubah agar bisa bekerja maksimal dan berdedikasi di bidang ini.

Ia menyontohkan perubahan yang dialami Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kominfo Provinsi Gorontalo di tahun 2016. Kebutuhan dan tanggung jawab yang besar mmebuat dinas ini harus dipecah menjadi 3 dinas, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik.

“Perkembangan teknologi sangat cepat, dibutuhkan tanggung jawab yang besar untuk mengikutinya,” kata M Jamal Nganro.

Untuk itu dibutuhkan koordinasi dan kerjasama antar dinas kominfo kabupaten dan kota dengan Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo.

“Tujuan sama, untuk melayani masyarakat. Makanya dibutuhkan sinergi semuanya,” tutur M Jamal Nganro.

 

Pewarta : Wisnawaty Saleh - Dinas Kominfo

Baca 273 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo