>
Sabtu, 08 Agustus 2020 17:30

Sebanyak 15 Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Individu Disebar di 3 Kabupaten Featured

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Foto bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., bersama Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Individu Periode IV Tahun 2020, Senin (03/08/2020) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo Foto bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., bersama Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Individu Periode IV Tahun 2020, Senin (03/08/2020) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo

GORONTALO – Kementerian Kesehatan telah mencanangkan program Nusantara Sehat dengan mengevaluasi dan menata kembali pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Hal ini disebabkan karena sesuai fakta di lapangan ditemukan tidak semua daerah mengalami perkembangan yang sama untuk akses pelayanan kesehatan terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

Untuk mewujudkan fokus kebijakan tersebut, Kementerian Kesehatan menjalankan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan berbasis Tim (Team Based) dan Individu dalam mendukung Program Nusantara Sehat guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah terpencil/sangat terpencil (T/ST).

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Suleman Mile untuk Provinsi Gorontalo penempatan tenaga kesehatan penugasan khusus telah ada sejak tahun 2017 sampai awal tahun 2020, dan terdapat tenaga kesehatan penugasan khusus yang telah selesai masa tugas yaitu periode penempatan pada 2017-2019.

“Di Provinsi Gorontalo terdapat kawasan yang dikategorikan terpencil, sangat terpencil dan pedesaan, Saat ini jumlah Puskesmas di Provinsi Gorontalo berjumlah 93 unit dan ditunjang oleh Puskesmas Pembantu berjumlah 232 unit,” kata Suleman.

Meskipun terdapat di semua kecamatan, namun pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan dirasakan masih belum memadai, karena terdapat beberapa fasilitas kesehatan yang belum sepenuhnya dapat dijangkau masyarakat terutama terkait dengan jarak tempuh khususnya yang terdapat di daerah terpencil sehingga diharapkan adanya penugasan khusus individu ini dapat menjadi solusi atas masalah tersebut.

Pada periode IV ini, Provinsi Gorontalo mendapatkan 15 tenaga kesehatan penugasan khusus individu yang terdiri dari dokter umum, perawat, bidan, tenaga farmasi, gizi, ahli teknologi laboratorium medik dan kesehatan lingkungan.

Seluruh tenaga kesehatan penugasan khusus individu ini telah diseleksi di pusat dan sebagian besar berasal dari luar Provinsi Gorontalo yakni dari NTT, Kupang, Sulawesi Selatan, Palu dan Manado.

Tiba di Provinsi Gorontalo mengikuti protokol kesehatan dan telah diserahkan secara resmi oleh Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan ke Dinas Kesehatan yang diterima langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan pada 3 Agustus 2020 di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, selanjutnya diserahkan ke 3 kabupaten untuk ditempatkan di Puskemas sesuai kriteria DTPK, antara lain di PKM Bone, Bulango Ulu dan Tombulilato Kabupaten Bone Bolango, PKM Asparaga, Biluhu, Pulubala Kabupaten Gorontalo, PKM Buloila, Gentuma, Monano, Ponelo, Sumalata dan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.

 

Pewarta : Anita/ILB/AIS – Dinas Kesehatan

Baca 39 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama