Print this page
Rabu, 09 Oktober 2019 10:41

Sebanyak 36 kios Akses Pangan Mengalami Kemajuan Pesat

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO - Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pangan terus melakukan pemberdayaan dan dan pengembangan usaha masyarakat di kabupaten/kota.

Komitmen ini menjadi bafasan utama pada rapat koordinasi (Rakor) program ketersediaan dan kerawanan pangan yang berlangung di Hotel New Rahmat Inn, Selasa (7/10/2019).

Rakor ini bertujuan untuk menggiatkan dan memberikan motivasi sekaligus mengevaluasi  pengelolaan bantuan yang diberikan Dinas Pangan pada kelompok kelompok Kawasan Pangan Mandiri  dan Kios Akses Pangan di 5 kabupaten/ kota.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, Sutrisno mengatakan terdapat 36 unit kios akses pangan masyarakat yang tersebar di desa-desa yang termasuk dalam rawan pangan. Kelompok kios akses pangan ini diberdayakan dengan bantuan  natura berupa  beras, minyak goreng, telur dan gula pasir sebagai bahan pangan masyarakat yang jauh jangkauannya ke pasar di desa.

Program kios akses pangan masyarakat dan kawasan mandiri pangan ini sudah berhasil berkembang, hanya 1 kios akses pangan tertunda dalam pengoperasiannya karena pengelolanya dalam keadaan sakit.

“Secara keseluruhan kios ini berjalan baik dan masyarakat sudah mendapatkan manfaatnya,” kata Sutrisno, didampingi Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Dharmawaty Bokings.

Sutrisno menjelaskan bantuan modal awal hanya Rp2,5 juta ini udah berkembang menjadi Rp3,5 juta, ada kenaikan cash flow (pergerakan uang masuk) dan kios akses pangan  ini menyediakan pangan yang murah dan bermutu bagi masyarakat.

"Tahun 2020  program kios akses pangan masyarakat akan kita tingkatkan dari jumlah 36 unit menjadi 50 unit kios," jelas Sutrino.

Sebelumnya Kepala Seksi Kerawanan Pangan, Berni Salindeho dalam laporan panitia menyampaikan kegiatan bertujuan memberikan informasi hasil evaluasi perkembangan bantuan kawasan mandiri pangan, kios akses pangan dan kerawanan pangan.

Berni Salindeho juga memaparkan rakor ini sebagai sarana mengevaluasi analisis ketersediaan pangan, kawasan mandiri pangan dan kios akses pangan di Dinas Pangan kabupaten/kota.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Dinas Pangan kabupaten/kota, kepala- kepala desa  yang di daerahnya mendapatkan bantuan program ini, pemilik kios akses pangan masyarakat dan ketua kelompok kawasan mandiri pangan.

 

Pewarta : Hariman – Dinas Pangan

Baca 210 kali