>
Selasa, 10 September 2019 19:12

Sehari Bersama Anak “Anak Bahagia Indonesia Sejahtera”

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Sehari bersama anak adalah program untuk mendorong kepedulian serta kesadaran pemenuhan dan perlindungan hak anak untuk menciptakan kesempatan anak Indonesia khususnya di Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan kapasitasnya.

Anak harus mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik, memberikan kesempatan bagi anak, termasuk di dalamnya anak panti dan anak yang termaginalkan untuk mengatualisasikan potensi dan kreatifitasnya dengan penuh keceriaan dan mandiri.

Untuk itu dalam semarak  peringatan Hari Anak Nasional Indonesia Provinsi Gorontalo melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melaksanakan program sehari bersama anak dengan tema “Anak Bahagia Indonesia Sejahtera” pada Selasa (10/9/2019).

Menurut Kepala Dinas Sosial PPA dan PA, Risjon Kujiman Sunge dalam sambutan pembukaan kegiatan, menuturkan bahwa momen sehari bersama anak dapat memberikan wahana ekspresi dan aktualisasi diri untuk anak-anak dan menjalin kekuatan silaturahim dan bersosialisasi anak anak.

“Sehari bersama anak ini ada beberapa kegiatan  yang dilaksanakan yakni permainan tradisionalyang dipilih menjadi wahana bermain bagi setiap anak untuk bersuka cita bersama teman- temannya,” kata Risjon Kujiman Sunge.

Sebagai upaya memberi pilihan jenis permainan yang berbeda bagi anak-anak di tengah-tengah gempuran permainan modern sebagai dampak dari kemajuan teknologi di masa kini, permainan tradisional ini dipilih untuk mengurangi kecanduan anak-anak terhadap games modern yang seringkali menimbulkan dampak negatif bagi tumbuh kembang anak.

Sehari Bersama Anak ini didukung  oleh PT Pegadaian Gorontalo, CV Mufidah, Anisa Rumah Muslimah G orontalo serta Kalbe Nutrional (susu zee) Gorontalo yang  berlangsung di Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Gorontalo, kegiatan seru ini dihadiri oleh Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah, Kepala Pengadaian Gorontalo, para Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota  dan Lembaga Kesejahteraan Anak Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Boalango dan Kabupaten Gorontalo, TK PAUD, Sekolah Dasar Luar Biasa  Kota/Kabupaten Gorontalo dan Forum Anak Daerah Provinsi Gorontalo, semuanya lebih dari 350 anak.

Idah Syahidah menjelaskan dalam siklus kehidupan manusia masalah anak-anak merupakan fase manusia mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depannya. karenanya anak tidak dapat dipisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara.

“Mereka adalah generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini karenanya  mereka mempunyai hak yang sama hidup dan berkembang secara optimal, merasakan lingkungan yang aman, nyaman dan bahagia,” kata Idah Syahidah.

Idah Syahidah juga menjelaskan, anak-anak menjadi harapan untuk mewujudkan mimpi-mimpi para founding father di masa lalu. Nasib bangsa ini di masa depan ditentukan oleh seberapa berhasilnya orang dewasa dalam mendidik anak-anak masa kini untuk menjadi manusia yang unggul kelak.

Program sehari bersama anak ini mendapat apresiasi dari Bunda PAUD, Idah Syahida. Kegiatan ini sebagai kerja nyata untuk mengingat kembali dan menggunggah kepedulian serta kesadaran tentang pentingnya pemenuhan dan perlindungan anak, hak-hak anak.

Idah Syahidah berharap tidak hanya sehari ini pelaksanaan sehari bersama anak tetapi besok, lusa dan tiap hari juga  sehari bersama anak, walaupun mungkin waktunya dengan anak hanya sebentar tetapi memberikan kualitas pendidikan terhadap anak-anak.

“Untuk itulah pada momen penting ini sehari bersama anak mari kita bersama sama intropeksi diri apa yang sudah kita lakukan dan berikan pada anak-anak,” ujar Idah Syahidah.

 

Pewarta : Owan Thalib - Dinsos PPPA

Baca 244 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama