>
Selasa, 16 Jun 2015 08:50

Sehari Jelang Ramadhan, Gubernur Longgarkan Jam Kantor

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Memasuki bulan Ramadhan 1345 Hijriah, Pemprov Gorontalo mengintegrasikan pelaksanaan apel korpi dengan halal bil halal yang digelar di halaman rumah jabatan gubernur, Selasa (16/6-Foto Salman). Memasuki bulan Ramadhan 1345 Hijriah, Pemprov Gorontalo mengintegrasikan pelaksanaan apel korpi dengan halal bil halal yang digelar di halaman rumah jabatan gubernur, Selasa (16/6-Foto Salman).

Gorontalo, PEMPROV GORONTALO - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberi kelonggaran jam kerja kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi Rabu besok.

Hal ini dimaksudkan agar pegawai bisa berziarah ke kuburan orang tua/keluarga sehari jelang puasa Ramadhan 1436 Hijriyah. Ziarah makam saat Ramadhan dan Idul Fitri seolah sudah menjadi tradisi bagi masyarakat muslim di Indonesia, tidak terkecuali di Gorontalo.

“Saya izinkan bapak ibu untuk mengurangi jam kerja besok. Silahkan berziarah dulu ke makam orang tua, saudara dan keluarga. Doakan mereka yang kita cintai, siapkan diri kita menghadapi bulan Ramadhan” terang gubernur saat memimpin Apel Korpri, Selasa (16/6).

Pemberian kelonggaran jam kerja ini, lanjut kata Rusli, untuk memberi kesempatan kepada pegawai yang mayoritas beragama Islam untuk bersilaturahim satu sama lain. Diharapkan saat Ramadhan semua aktivitas kerja berjalan sebagaimana mestinya.
“Nanti tolong Ibu Sekda waktu bagi pegawai diatur. Jangan sampai kantor ditinggal kosong, pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

Meski diberi kelonggaran jam kerja, menurut Rusli tidak berarti pekerjaan kantor jadi terbengkalai. Ia juga mengingatkan kepada semua aparatur untuk senantiasa menaati jam kerja saat bulan Ramadhan sebagaimana yang sudah diatur oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Selama bulan Ramadhan saya minta kita tetap bekerja sebagaimana mestinya. Tetap jaga profesionalitas dan intensitas kerja kita. Tidak berarti saat puasa justru kinerja kita menjadi turun dan terbengkalai,” imbuhnya.

Kemenpan RB sendiri telah merilis jam kerja bagi instansi pemerintah baik pusat dan daerah. Bagi instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, masuk jam 08.00. Untuk hari Senin – Kamis, pulang jam 15.00 dengan waktu istirahat jam 12.00 – 12.30. Sedangkan hari Jumat, pulang jam 15.30, dengan waktu istirahat jam 11.30 – 12.30.

Adapun bagi instansi yang memberlakukan enam hari kerja, masuk jam 08.00. Sedangkan pulang kerja hari Senin – Kamis dan Sabtu pada jam 14.00, dengan waktu istirahat jam 12.00 – 12.30. Sedangkan hari Jumat, pulang jam 14.30 dengan waktu istirahat jam 11.30 – 12.30.

Dengan penetapan ini, jumlah jam kerja bagi instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, yang menerapkan 5 hari atau 6 hari kerja, selama bulan Ramadhan sebanyak 32,5 jam per minggu. (Humas-Ismail)

Baca 1213 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo