>
Selasa, 07 April 2020 18:29

Sekolah Harus Proaktif dalam Pemberkasan Tunjangan Guru

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

GORONTALO – Dari konferensi video yang dilakukan pada Selasa (7/4/2020) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Gorontalo Utara, SMK Pohuwato dan SMK Kota Gorontalo diketahui bahwa banyak yang mengeluhkan keterlambatan pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Guru.

Penyaluran tunjangan guru berupa TPG maupun TKD diawali melalui proses pemberkasan yang setiap tanggal 5 bulan berjalan harus sudah diterima oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo dalam hal ini Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Guru yang sering lupa dengan pemberkasan ini yang menjadi permasalahan utama keterlambatan pembayaran tunjangan tersebut, biasanya guru selama belum diminta, guru tersebut belum mengurus berkas usulan tunjangan.

Kepala Dinas Dikbudpora, Yosef P Koton menekankan agar hal seperti ini tidak terulang lagi. Ia mengatakan semua sudah ada petunjuk teknisnya, setiap tanggal 5 bulan berjalan berkas sudah masuk melalui dinas untuk dibuatkan tagihan pembayaranya.

"Saya tahu semua perlu tunjangan untuk kebutuhan keluarga dan keseharian, tapi tidak pula menggugurkan juknis yang ada, karena keuangan negara ada pertanggungjawabannya. Apabila ada permasalahan, kepala sekolah harus mencarikan  solusinya, kalau tidak terpecahkan laporkan ke kepala dinas untuk dicarikan solusinya. Jangan hanya didiamkan,” kata Yosef P Koton.

Yosef P Koton  mengimbau Kepala sekolah bersama guru proaktif dan wajib mengecek pemberkasan tunjangan guru di sekolahnya masing-masing.

"Kalau memasukkan berkas sebelum tanggal 5 pasti pencairan TKD dan TPGnya cepat, tetapi kalau terlambat maka harus bersabar menunggu pencairan  berikutnya,” ucap Yosef P Koton.

 

Pewarta : PPID Dikbudpora

Baca 526 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama