>
Selasa, 16 Jun 2020 00:07

Sidang Pemeringkatan Cagar Budaya Pertama Kalinya Dilaksanakan di Gorontalo Featured

Oleh
Beri rating
(1 Vote)

 

BULANGO SELATAN - Sesuai Undang-Undang nomor  11 tahun 2010 tentang cagar budaya yang mengharuskan adanya pemeringkatan cagar budaya di setiap provinsi di indonesia, Dinas Pendidikan Kebudayaan pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) provinsi Gorontalo melalui bidang kebudayaan untuk pertama kalinya melakukan sidang pemeringkatan cagar budaya.

Sidang yang dilaksanakan di aula Dinas Dikbudpora Senin (15/6/2020) dilakukan secara tatap muka dan diikuti oleh peserta dari dinas yang menangani kebudayaan di wilayah kabupaten/kota secara virtual.

Dalam pembukaan sidang ini Kepala Dinas Dikbudpora Yosef Koton menyampaikan harapan  pengembangan kebudayaan di Provinsi Gorontalo.

“Pengembangan dan pelestarian tidak hanya pada cagar budaya yang sudah ada, tetapi perlu juga memperhatikan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB ) di wilayah kabupaten/kota yang dinilai masih banyak belum diusulkan, sehingga diharapkan dapat mengangkat nilai-nilai kekayaan daerah," kata Yosef Koton.

Yosef Koton  juga berharap sidang pemeringaktan cagar budaya kali ini bisa berjalan dengan baik, hingga pemeringkatan cagar budaya tidak hanya pada aturan saja, tetapi bagaimana pelestariannya bisa dipikirkan bersama.

Sidang pemeringkatan cagar budaya turut menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Zakaria Kasimin, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) M Karmin Baruadi,  Fenti Puluhulawa,  Sunarty Eraku,  Suleman Dangkua,  Renol Hasan,  Romi Hidayat,  dan Buhanis Ramina.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan Mely Mohamad mengatakan pelaksanaan sidang cagar budaya akan dilaksanakan selama 5 hari, 15-19 Juni 2020.

"Kami telah membagi pembahasan penetapan cagar budaya perkabupaten kota, dan hari ini mulai dengan pemeringkatan cagar budaya di Kota Gorontalo diantaranya Kantor Pos, eks rumah jawatan, Benteng Otanaha, Benteng Ulupahu dan Benteng Otahiya,"  terang Mely.

 

Pewarta : PPID Dikbudpora

Baca 305 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama