>
Kamis, 21 November 2019 23:46

Sinergitas Antar Daerah Perlu Demi Jaga Inflasi

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Sekretaris Daerah Darda Daraba (upia karanji) saat mrnghadiri Rapat Koordinasi Pusat Dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tahun 2019 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta (21/11/2019). Rakor yang dihadiri Dirjen Bina Bangda Kemendagri Muhammad Hudori ini dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri. (Foto : Istimewa) Sekretaris Daerah Darda Daraba (upia karanji) saat mrnghadiri Rapat Koordinasi Pusat Dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tahun 2019 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta (21/11/2019). Rakor yang dihadiri Dirjen Bina Bangda Kemendagri Muhammad Hudori ini dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri. (Foto : Istimewa)

JAKARTA – Sinergitas antar daerah sangat dibutuhkan untuk saling membantu menjaga stabilitas inflasi masing-masing daerah, tidak terlepas juga Gorontalo yang saat ini juga mengalami inflasi.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, saat menghadiri Rapat Koordinasi Pusat Dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) tahun 2019, Kamis (21/11/2019).

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Kartika Candra itu digelar oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri dan Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP).

“Di Gorontalo harga cabai cukup tinggi kalau tidak segera ditangani akan berpengaruh terhadap inflasi daerah, termasuk harga tiket pesawat ke Gorontalo. Jadi hal inilah yang sedang kita coba untuk mencari solusinya,” kata Darda Daraba.

Menurut Sekda, inflasi di Gorontalo sejauh ini terpantau stabil. Contohnya pada bulan Agustus 2019 tercatat inflasi Gorontalo 0,71 persen (mtm) meningkat dari bulan Juli 2019 sebesar -0,02 persen (mtm). Meski begitu, capaian itu masih di bawah sasaran inflasi nasional 3,5 + 1 persen.

Di tempat yang sama, Menteri Dalam Negeri diwakili oleh Dirjen Bina Bangda Kemendagri Muhammad Hudori dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi yang mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi dalam Mendukung Ketersediaan Pasokan dan Kelancaran Distribusi Pangan di Daerah”, ini merupakan tindak lanjut dari Rakornas yang dilaksanakan pada (25/07/019) lalu.

“Ini merupakan lanjutan dari pembahasan Rakornas kita Beberapa bulan lalu, maka dari itu harapan pak menteri mudah-mudahan forum ini dapat dijadikan ajang diskusi dan saling memberikan masukan terhadap berbagai hal terkait dengan pengalaman yang telah dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi daerah,” ujar Darda Daraba.

Berbagai jabaran kebijakan terkait pengendalian inflasi daerah yang dapat memberikan jawaban terhadap sinergi dan inovasi, yang harus dilakukan oleh masing-masing daerah dalam upaya pelaksanaan program Peta Jalan atau Road Map diharapkan lahir dari rakor tersebut.

 

Pewarta : Jusni - BPG

Baca 156 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama