>
Selasa, 23 Juli 2019 22:19

Sinkronisasi Program Forum Coorporate Social Responsibility - Kesejahteraan Sosial

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO –Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Provinsi  Gorontalo menggelar sinkronisasi program potensi dunia usaha Forum Coorporate Social Responsibility (CSR– Kesos).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Damhil, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada Senin (22/7/2019) ini dihadiri Kepala Bidang Kelembagaan dan Kemitraan Achmad Isnayani Taba, Kepala Seksi Kemitraan Sosial Eldat Rahim, dan 30 orang peserta yang berasal dari dari kabupaten/kota utusan BUMD/BUMN, pelaku usaha dan utusan SKPD pembina Forum CSR-Kesos.

Upaya membangun kemitraan pemerintah, forum CSR-Kesos, dunia usaha dan unsur masyarakat melalui peningkatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Tujuan terbentuknya Forum CSR-Kesos di Provinsi dan kemudian ada rencana aksi program forum CSR-Kesos, perusahaan, badan usaha melalui tanggung jawab social,” kata Achmad Isnayani Taba.

Achmad Isnayani Taba menjelaskan bahwa paradigma pembangunan kesejahteraan sosial telah mengalami pergeseran signifikan sejak otonomi daerah.  Pergeseran tersebut antara lain makin menguatnya prakarsa dan inisiatif daerah penyelenggara pembangunan serta makin pentingnya pembangunan kesejahteraan sosial diletakan sebagai satuan pendekatan terintegrasi dan menyeluruh.

Yang tidak dapat dikesampingkan dalam prgesaran ini adalah menguatnya peran masyarakat dan lintas sektor usaha dalam pembangunan kesejahteraan sosial,  lintas sektor dan dunia usaha memiliki kedudukan dan posisi yang penting.

Jaringan kerjasama   kelembagaan dunia usaha sebagai upaya menggali  potensi dan sumber kesejahteraan sosial dengan tujuan meningkatkan kualitas dan memperluas jangkauan pelayanan kesejateraan yang bersifat kemitraan.

Eldat Rahim, Kepala Seksi Kemitraan Sosial  mengungkapkan bahwa di sisi lain sebagian besar dunia usaha di daerah ini yang telah menjalankan tanggung jawab sosialnya hanya sebatas karikatif, bersifat insidentil dalam penanggulangan masalah sosial.

“Penyebabknya beberapa faktor di antaranya belum ada kerjasama sinergis antara  dunia usaha dengan lintas sektor termasuk pemerintah daerah,” kata Eldat Rahim.

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 254 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama