>
Jumat, 13 Desember 2019 12:50

Siswa Gorontalo Utara Ikuti Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi

Oleh
Beri rating
(0 suara)

KWANDANG – Sejumlah siswa dan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Gorontalo Utara terlibat simulasi penanganan bencana gempa bumi, Kamis (11/12/2019).

Simulasi ini dipimpin oleh Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Gorontalo, Ny Idah Syahidah.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 5 dan sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Bahari Gorontalo Utara.

Kepada para peserta Ny Idah Syahidah menjelaskan pentingnya simulasi bagi warga sekolah, agar memiliki kesiapsiagaan apabila terjadi bencana gempa bumi di daerah ini.

“Daerah kita rawan bencana dengan indeks risiko bencana sebesar 140,”kata Ny Idah Syahidah.

Ny Idah Syahidah juga menjelaskan di samping simulasi penanggulangan bencana gempa bumi, para peserta juga diminta menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, mengurangi pemakaian plastik dengan membawa tempat minuman sendiri (tumbler).

Sampah plastik saat ini menjadi masalah dunia yang mencemari daratan dan lautan. Ini akibat pemakaian plastik sebagai pembungkus makanan, kemasan produk,  hingga keperluan lain. Plastik tidak dapat dicerna dalam waktu pendek, diperlukan ratusan tahun terurai di alam.

“Ny Idah Syahidah memang sosok yang  kreatif dalam beriteraksi dengan siswa, 10 siswa diundang untuk menjawab pertanyaan seputar penanggulangan bencana, dan yang berhasil menjawab di beri hadiah tempat air minum yang indah,” kata Sumarwoto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Provinsi Gorontalo.

Sumarwoto menjelaskan dipilihnya SMA Negeri 5 Gorontalo Utara ini karena lingkungan di sekitar sekolah ini merupakan kawasan yang dilewati patahan atau sesar Gorontalo, sehingga rawan terhadap bencana gempa. 

Simulasi ini merupakan kerja sama antara BPBD dan Forum Pengurangan Risiko Bencana yang diagendakan setiap tahun di tempat yang berbeda-beda.

Pada sesi terakhir, Ny Idah Syahidah meminta pasca simulasi ini sekolah bisa melaksanakan simulasi mandiri yang melibatkan seluruh warga sekolah.

 

Pewarta : Iswandi Jusuf - BPBD

Baca 134 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama