>
Jumat, 14 Jun 2019 17:58

Spacial SIG Untuk Pendataan Tanah Dan Bangunan Pemerintah Provinsi Gorontalo

Oleh
Beri rating
(0 suara)
Kepala Bidang Tata Ruang Dan Pertanahan Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Sultan Kalupe saat Membuka Sosialilsasi Spasial SIG, (Foto  Yudi) Kepala Bidang Tata Ruang Dan Pertanahan Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Sultan Kalupe saat Membuka Sosialilsasi Spasial SIG, (Foto Yudi)

GORONTALO – Bidang Tata Ruang Dan Pertanahan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo mengadakan sosialisai tentang penyusunan database pengadaan tanah dan aset pemerintah yang berbasis spasial Sistem Informasi Geografis (SIG).

Sosialisasi ini diikuti oleh Organisasi Perangkat daerah (OPD) se-Provinsi Gorontalo.

“Kami melihat pengadaan tanah dan gedung yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi sejak tahun 2000-an sampai pada tahun 2019 ini sudah tercatat di bagian aset, tetapi ketika kita mencari lokasinya agak kesulitan untuk menemukan aset tanah atau bangunan tersebut,” jelas Kepala Bidang Tata Ruang Dan Pertanahan, Sultan Kalupe, Kamis (13/6/2019).

Bukan hanya kesulitan menemukan lokasi yang sering kali tidak sesuai dengan lokasi data aset daerah, pelatihan  SIG ini juga memberi manfaat dan kemudahan untuk mendata aset yang dimiliki dan telah dibangun atau yang telah dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Kita akan terus memperbaiki sistem aset yang sudah dibangun oleh SIMDA, tinggal kita tambahkaan dengan informasi Geo Spasialnya (SIG), pada saat kita melakukan mencari untuk datanya itu sudah muncul lokasinya, keordinatnya, gambar foto-fotonya kemudian juga dilengkapi dengan surat-surat tanah dan surat-surat pembelian,” jelas Sultan Kalupe.

Sistem ini akan memudahkan siapapun dalam bekerja  sehingga  mempercepat proses pelayanan. Sistem ini juga mempermudah inventarisasi aset tanah dan bangunan milik Pemerintah Provinsi maupun milik dari instansi atau yang dihibahkan.

Sultan Kalupe berharap dalam 3 bulan ke depan databasenya sudah tersusun, agar tahun depan sistem sudah bisa berjalan.

Ketua koordinator team konsultan perencanaan, Erick Rahmat Hippy mengatakan spasial SIG ini akan menjadi tempat untuk mengisi sistem informasi manajemen aset daerah, agar ke depannya seluruh aset tanah dan bangunan milik pemprov bisa terdata dengan baik.

 

Pewarta : Yudi - PUPR

Baca 77 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo