>
Kamis, 19 September 2019 21:34

Technical Meeting Gorontalo Karnaval Karawo Diikuti Puluhan Wakil Peserta

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Puluhan peserta, juri dan sejumlah disainer menghadiri Technical Meeting Mo Karawo Traditional Handmade, Karawo Fashion Contest dan Gorontalo Karnaval Karawo 2019 di aula dinas PAriwisata Provinsi Gorontalo, Kamis (19/9/2019).

Pertemuan ini dipimpin oleh Rifli M Katili, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo yang didampingi Ivonela R. Larekeng, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata.

“Tujuan Technical Meeting ini adalah untuk menyamakan persepsi para peserta lomba dengan panitia pelaksana dan dewan juri guna mempermudah pelaksanaan dan memaparkan ketentuan teknis, persyaratan serta kriteria penilaian yang harus diperhatikan oleh setiap peserta,” kata Rifli Katili.

Dalam pertemaun ini seluruh aturan dan kriteria dibicara seluruhnya antara semua pihak yang terlihat dalam Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019. Kegatan ini merupakan perhelatan akbar pariwisata Provinsi Gorontalo dan menjadi salah satu dari 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

Pembahasan detail aturan dan kriteria ini memudahkan peserta untuk memahami kegiatan yang ada di GKK ini. Peserta, p[anitai, dan juri membahas aturan main kegiatan Mo Karawo Traditional Handmade, Karawo Fashion Contest dan Gorontalo Karnaval Karawo.

“Kalau sudah ada pemahaman yang sama akan memudahkan proses kegiatan hingga hingga penilaian lomba. Ini yang utama,” kata Rifli Katili.

Dalam technical meeting ini terdiri dari dua sesi yaitu technical meeting untuk pelaksanaan Mo Karawo Traditional Handmade (lomba mengiris serat kain, menyulam dan mengikat Karawo) yang di mulai pada pukul 10.00 Wita.

Acara di pandu langsung oleh Ivonela Larekeng dengan menghadirkan 3 orang dewan juri, I Wayan Sudana seorang akademisi untuk Juri Mo Karawo Traditional Handmade, Karawo Fashion Contest dan Gorontalo Karnaval Karawo, Hasdiana Saleh juga seorang Aakademisi untuk Dewan Juri Mo Karawo Traditional Handmade, Karawo Fashion Contest dan Gorontalo Karnaval Karawo dan John Koraag seorang Disainer untuk Juri Mo Karawo Traditional Handmade.

“Hasil technical meeting ini antara lain waktu pelaksanaan lomba selama 7 jam, kriteria penilaian antara lain kesesuaian desain dengan tema Wonderful of Celebes, proporsional, kualitas sulaman, keserasian warna dan kerapihan rawangan serta finishing,” papar Ivonela Larekeng.

Untuk technical meeting Karawo Fashion Contest dan Gorontalo Karnaval Karawo 2019 dilaksanakan pukul 13.00 Wita dipandu oleh Ivonela Larekeng. Kegiatan ini dihadiri 34 peserta yang merupakan peserta Gorontalo Karnaval Karawo 2019 dan Karawo Fashion Contest , dengan menghadirkan 2 orang dewan juri.

Event GKK dengan tema Wonderful of Celebes tahun ini, berbeda dgn konsep GKK di tahun sebelumnya. Pada tahun ini, peserta diminta untuk memilih salah satu dari 5 provinsi yang ada di Sulawesi kecuali Gorontalo.

“Mengapa Gorontalo tidak di masukkan dalam kategori? Sebab Karawo sudah mewakili Gorontalo itu sendiri. Ketentuan pemenang dari event ini akan di bagi per kategori, terbaik dari masing - masing kategori, best performance, favorit dan Juara Umum,” ujar Ivonela Larekeng.

Dengan dibagi menjadi perkategori sesuai pilihan masing– masing peserta, akan membuka peluang yang besar bagi peserta untuk menjadi pemenang di tiap-tiap kategori dan menampilkan kreativitas dan desain terbaik.

Di technical meeting kali ini, dewan Juri Hasdiana Saleh menuturkan beberapa ketentuan penilaian dari GKK, antara lain keindahan pakaian, dominan ragam hias karawo, kreativitas dan inovasi peserta dalam pembuatan kostum karnaval, keteraturan dan harmonisasi gerakan dengan tema.

Ketentuan penilaian Karawo Fashion Contest adalah kesesuaian rancangan dengan tema, motif karawo, karakteristik rancangan, tampilan keseluruhan dari busana. Untuk konsep gaun malam  Kain karawo dapat dikombinasikan dengan pkaian khas sulawesi yang dipilih.

 

Pewarta : Nur Alfiah Ngiu – Dinas Pariwisata

Baca 161 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo