>
Kamis, 10 Oktober 2019 19:02

Tender Barang Dan Jasa Dilaksanakan Lebih Awal Agar Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas

Oleh
Beri rating
(0 suara)
 Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba bersama 100 peserta rapat Persiapan Tender/Seleksi Dini Pengadaan Barang dan Jasa, di Balroom Hotel Maqna, Kamis, (10/10/2019). Rapat ini juga dihadiri oleh Perwakilan Kementrian PUPR Sumitro selaku Direktur Pengadaan Jasa Kontruksi. (Foto – Nova) Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba bersama 100 peserta rapat Persiapan Tender/Seleksi Dini Pengadaan Barang dan Jasa, di Balroom Hotel Maqna, Kamis, (10/10/2019). Rapat ini juga dihadiri oleh Perwakilan Kementrian PUPR Sumitro selaku Direktur Pengadaan Jasa Kontruksi. (Foto – Nova)

GORONTALO –  Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, memaparkan mekanisme strategis tender/seleksi pengadaan barang dan jasa tahun 2019. Di mana, semua dokumen yang digunakan harus mengacu pada Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Terbitnya Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 maka tender barang dan jasa dilaksanakan lebih awal. Dalam peraturan menyebutkan pemilihan segera dilaksanakan setelah RUP dan PAGU anggaran ditetapkan,” kata Darda Daraba saat memaparkan materi pada rapat Persiapan Tender/Seleksi Dini Pengadaan Barang dan Jasa, di Balroom Hotel Maqna, Kamis, (10/10/2019).

Lebih lanjut Sekda memaparkan, ada beberapa point penting dalam tender/seleksi dini untuk pengadaan barang/jasa, yang telah diatur dalam LKPP nomor 9 tahun 2018, diantaranya dalam hal penetapan SPPBJ dilakukan sebelum DIPA/DPA disahkan, ada pula penambahan PAGU anggaran melalui revisi DIPA/DPA tidak tercapai maka penetapan pemenang dibatalkan dan kepada calon penyedia barang/jasa tidak diberikan ganti rugi dan lain sebagainya.

Sementara itu Direktur Pengadaan Jasa Kontruksi Kementrian PUPR, Sumitro menyampaikan seleksi tender barang/jasa ini, Kementrian PUPR ingin mendukung Pemerintah Provinsi Gorontalo agar pada  Januari sudah ada progres barang/jasa yang dilelang, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa lebih berkualitas.

“Kami melakukan seleksi tender itu mendahului DIPA. Jadi kalau persiapannya sudah memadai maka kita segera lakukan, tentu saja tanda tangan kontraknya nanti DIPAnya sudah ada. Ini juga menghemat waktu, karena kalau lelang bisa dimajukan maka Januari bisa tanda tangan kontrak,” paparnya.

Rapat persiapan tender seleksi barang/jasa ini akan berlangsung dua hari ke depan (besok, jumat). Adapun peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang terdiri dari setiap perwakilan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, Balai Prasarana Pemukiman, SMPT Penyerahan Perumahan, serta satuan kerja OPD.

 

Pewarta : Nova/Ecin - Humas

Baca 270 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo