>
Selasa, 28 Juli 2020 06:26

Tim Penilai Adiwiyata Ikuti Pembinaan dan Penguatan Kapasitas

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO – Sebanyak 30 orang mengikuti pembinaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan serta penguatan kapasitas tim penilai adiwiyata tingkat provinsi dilaksanakan selama 2 hari, Senin-Selasa (27-28/7/2020) di Hotel New Rahmat Kota Gorontalo.

Kegiatan ini gelar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo.

Para peserta berasal dari utusan dinas lingkungan hidup kabupaten/kota, dinas pendidikan dann kebudayaan kabupaten/kota dan 2 orang kepala sekolah yang diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Dua orang narasumber dihadirkan pada pembinaan ini, mereka adalah Abdul Alim Katili dan Muhamad Bakri Nongko dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL).

“Tujuan pembinaan ini untuk meningkatkan teknik penilaian melalui tata cara pengisian formulir penilaian kepada tim penilai/pembina adiwiyata di kabupaten/kota, provinsi serta tim sekolah terhadap Peraturan Menteri yang baru terkait tentang Permen LHK nomor 52 tahun 2019 tentang gerakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah serta Permen LHK nomor 53 tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata,” kata Fayzal lamakaraka, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo saat membuka kegiatan.

Adiwiyata adalah salah satu penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden kepada sekolah-sekolah yang melaksanakan gerakan sekolah/madrasah peduli dan berbudaya lingkungan dan berhasil memenuhi  standar dan kriteria yang telah ditetapkan.

“Program adiwiyata ini bukan sebagai ajang untuk meraih penghargaan semata,  namun yang harus menjadi catatan penting bagi kita semua, program adiwiyata outcome dan benefit-nya adalah wewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” ujar Fayzal Lamakaraka.

Fayzal Lamakaraka berharap pada saat Provinsi Gorontalo menghadapi pandemi Covid-19, kegiatan ini tentu tidak mengurangi semangat peserta untuk mendukung program sekolah adiwiyata.

“Kami berharap sekolah dapat meraih kembali penghargaan adiwiyata seperti pada tahun-tahun sebelumnya, baik penganugerahan sekolah adiwiyata tingkat kabupaten/kota, sekolah adiwiyata tingkat provnsi maupun adiwiyata tingkat nasional dan mandiri,” ucap Fayzal Lamakaraka.

 

Pewarta : Nurmulianto - DLHK

Baca 279 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama