>
Kamis, 10 Oktober 2019 07:27

Tingkatkan Kompetensi Auditor dan P2UPD Melalui Workshop Audit Internal

Oleh
Beri rating
(0 suara)

GORONTALO – Untuk meningkatkan kompetensi pejabat fungsional pengawas, Inspektorat Daerah Provinsi Gorontalo menggelar Workshop Audit Internal bertempat di Grand Q Hotel Gorontalo, Senin (10/7/2019).
Workshop yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh Pejabat Fungsional Auditor (PFA) dan Pejabat Pengawas Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD) yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para pengawas saat melaksanakan audit dalam pekerjaannya, sehingga bisa bekerja sama secara teamwork serta saling mendukung antara P2UPD dan Auditor.

“Kami menegaskan untuk bisa memahami peran sebagai pengawas atau sebagai auditor sejak proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pemantauan tindak lanjutnya. Di sinilah kami memerlukan kerjasama pihak BPKP untuk peningkatan kapasitas P2UPD untuk mensinergikan dengan auditor yang sudah ada di Inspektorat,” jelas Iswanta, Inspektur.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Supriyadi saat memberikan pengantar Diklat pada workshop ini menjelaskan audit yang dilakukan harus mengacu pada standar audit internal Auditor Indonesia.

Ia juga menjelaskan beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk pelaksanaan audit antara lain, control base, process base, risk base, dan risk management base.

Supriyadi berharap pengawas lebih mengedepankan konsultasi sehingga bisa memberikan solusi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang bagaimana pemerintahan tata kelola yang lebih baik dan meminimalkan risiko.

 

Pewarta/Foto : Reza Akase

Baca 324 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo