>
Rabu, 27 Mei 2015 09:03

Wakil Gubernur Yakinkan Mentan Pelaksanaan Program Benih Jagung

Oleh
Beri rating
(0 suara)
ilustrasi ilustrasi

Gorontalo, Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., berhasil meyakinkan Menteri Pertanian RI terkait permasalahan yang dihadapi Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam pelaksanaan program bantuan benih jagung untuk lahan seluas 70 ribu hektar senilai Rp. 52,5 miliar dan bantuan pupuk 46,2 miliar, yang dibiayai melalui dana APBN-P Tahun 2015 dengan total alokasi mencapai Rp. 182 miliar.

Kepastian ini diperoleh setelah Wagub Idris Rahim melakukan pertermuan dengan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, di hotel Sintesa Peninsula Manado, Rabu (27/5).

Sebelumnya, seperti diketahui bahwa Provinsi Gorontalo terancam batal menerima bantuan tersebut, yang disebabkan oleh adanya aturan terbaru dari Kementan yang mempersyaratkan kriteria lokasi penerima bantuan benih jagung adalah lokasi perluasan areal tanam.

Padahal disatu sisi, Pemerintah Provinsi Gorontalo dan seluruh kabupaten/kota telah mensosialisasikan kepada masyarakat termasuk telah siap dengan CPCL, tetapi merupakan lahan existing, yakni lahan yang sudah ada dan selama ini digunakan petani untuk menanam jagung.

"Alhamdulillah, dari arahan pak Menteri, kita tetap akan menerima bantuan tersebut, walaupun sebagian lahan yang ada adalah lahan existing," kata Idris.

Namun demikian, lanjut Idris, Menteri Pertanian tetap menekankan agar target 70 ribu hektar perluasan areal tanam bisa dicapai. "Bahkan pak Menteri telah menegaskan, jika itu bisa kita capai, maka alokasi anggaran ke Provinsi Gorontalo akan ditambah," jelas Wagub.

Dirinya optimis, dengan kerja keras dan kerja cerdas yang saling bersinergi antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, target tersebut bisa dicapai.

"Ini adalah tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang terpenting adalah kerja keras kita untuk mencapai target tersebut," tutur Idris.

Tidak hanya itu saja, menyangkut kendala pengairan yang dihadapi oleh petani di Provinsi Gorontalo, dimana sebagian besar ketersediaan air hanya bergantung pada curah hujan, Menteri Pertanian langsung menyahutinya dengan mengalokasikan tambahan bantuan pompa air sebanyak 100 unit tahun ini juga, sehingga total bantuan pompa air tahun ini dari Kementerian Pertanian menjadi 154 unit.

Selain itu, Mentan juga menjanjikan akan mengalokasikan bantuan traktor roda empat ke Provinsi Gorontalo untuk membantu petani dalam pengolahan lahan.

"Kita akan tambah bantuan pompa air ke Provinsi Gorontalo sebanyak 100 unit tahun ini juga, sedangkan untuk traktor roda empat jika tidak bisa direalisasikan tahun ini, maka akan kita alokasikan tahun depan," ungkap Mentan (Humas-Haris).

Baca 866 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo