>
Sabtu, 21 September 2019 00:00

Waspadai Kekerasan Pada Perempuan Dan Anak Yang Masih Tinggi

Oleh
Beri rating
(0 suara)

 

GORONTALO -  Kondisi pembangunan gender di Gorontalo khususnya aspek ekonomi harus mendapat perhatian lebih karena beberapa indikator terdapat kesenjangan laki-laki dan perempuan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo menyebutkan bahwa rata-rata pendapatan laki-laki mencapai Rp13 juta  sedangkan perempuan Rp4,6 juta. sektor lapangan usaha pekerjaan yang mempunyai produktivitas tinggi didominasi oleh kaum laki-laki seperti sektor pertambangan dan penggalian, listrik, air, angkutan, perdagangan dan komunikasi.

”Perempuan yang bekerja di sektor tersebut tidak sampai 10 persen, ini yang membuat jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak masih tinggi sebagaimana data semester 1 tahun 2019 sejumlah 22 kasus  terdiri dari korban usia anak,” kata Risjon Sunge, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Gorontalo pada bimbingan teknis pengarustamaan gender dan pengarustamaan hak anak bagi forum partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak kabupaten/kota se–Provinsi Gorontalo, Jumat (20/9/2019).

Menurut Risjon Sunge, pada tahun 2019 sebanyak 151 kasus terdiri dari korban anak 94 kasus dan korban semua usia 101 kasus berdasarkan data Simponi-PPA tahun 2019.

Risjon Sunge berharap keterlibatan elemen masyarakat perlu ditingkatkan dalam hal penanganan yang ada di daerah masing-masing.

Bimbingan teknis yang  diikuti oleh 60 orang peserta terdiri dari Dinas PP dan PA kabupaten/kota dan Forum Puspa kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo dan Bidang PP dan PA Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di Hotel New Rahmat, Kota Gorontalo, Rabu-Jumat (18-20/9/2019).

Narasumber kegiatan ini adalah Hamid Patilima, tim ahli Pengembangan Kota Layak Anak (KLA), dengan fasilitator daerah Harun Daluko, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Nurhayati Olii  dan Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Trisna Buntayo dan kepala –kepala seksi bidang pemberdayaan perempuan. 

 

Pewarta : Yoan Thalib – Dinas Sosial PP dan PA

Baca 378 kali

Tinggalkan komentar anda

Pastikan anda mengisi semua kolom yang bertanda asterik (*). Tidak boleh menggunakan Kode HTML.

© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo