>

3 Kapal Perintis Layani Mudik Lebaran Di Gorontalo

GORONTALO – Provinsi Gorontalo mendapat tambahan Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 97 yang siap melayani masyarakat mudik lebaran tahun ini.

KM Sabuk Nusantara merupakan kapal angkutan perintis dari Kementerian Perhubungan yang berpangkalan di Pelabuhan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara sejak Februari 2019.

Khusus untuk ngkutan mudik Lebaran   2019 ini,   Direktur Jenderal Perhubungan   Laut     Kementerian Perhubungan telah menyiagakan 3 kapal perintis,  KM Daraki Nusa, KM Sabuk Nusantara 102 dan KM Sabuk Nusantara 59, untuk melayani angkutan penumpang dan barang di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Tiga kapal perintis tersebut merupakan bagian dari 7 Kapal yang disiapkan sebagai angkutan laut Lebaran tahun ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro, Kamis (23/5/2019).

Ketiga kapal perintis ini telah melalui uji petik yang dilakukan oleh Tim terpadu kantor Pusat Kementerian Perhubungan, dan hasilnya kapal-kapal tersebut laik.

Keluarnya uji petik ini akan menambah semarak mudik melalui angkutan laut, sehingga daerah-daerah terpencil yang berada di pulau-pulau akan dikunjungi oleh sanak-saudara yang selama ini merantau di luar daerah.

Kedatangan pemudik di pulau-pulau ini akan membawa banyak barang modal dan dana yang akan menghidupkan ekonomi pedesaan.

“Angkutan laut kapal perintis ini dipastikan meningkatkan dinamika ekonomi masyarakat daerah terpencil, meningkatkan kesejahteraan, ini yang diharapkan dari pengoperasional kapal ini,” papar Jamal Nganro.

Jamal Nganro juga menambahkan 3 kapal perintis tersebut merupakan bagian dari 7 kapal yang disiapkan sebagai angkutan laut Lebaran 2019 di Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : Monika Oktaviarini - Perhubungan

Baca 118 kali
© 2019, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo