>

Lowongan Pendamping Profesional Pelaksanaan UU Desa untuk Provinsi Gorontalo

REKRUTMEN CALON TENAGA PENDAMPING PROFESIONAL Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan untuk mengisi kekosongan beberapa kecamatan dan desa, Satker Provinsi akan melaksanakan rekrutmen Calon Tenaga Pendamping Profesional yang akan ditempatkan diseluruh wilayah Provinsi Gorontalo dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Pendamping Lokal Desa (Kuota 244 orang)
  2. Pendamping Desa (Kuota 50 orang)
  3. Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (Kuota 1 orang)
  4. Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (Kuota 1 orang)
  5. Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (Kuota 4 orang)
  6. Tenaga Ahli Pengembangan Pelayanan Dasar (Kuota 4 orang)

KUALIFIKASI CALON TENAGA PENDAMPING PROFESIONAL

1. Pendamping Lokal Desa

  1. Pendidikan minimal sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) atau sederajat;
  2. Diutamakan memiliki pengalaman berorganisasi dan pernah aktif dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa minimal 2 (dua) tahun, seperti: pelatihan, kerja sosial, panitia pembangunan, maupun kegiatan lainnya yang relevan dengan kebutuhan pendampingan masyarakat.
  3. Mengenal adat istiadat, kultur budaya, tradisi dan kearifan lokal masyarakat di lokasi tugas, termasuk didalamnya dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah setempat;
  4. Bertempat tinggal di salah satu desa lokasi dampingan atau di desa yang berdekatan dengan desa-desa lokasi dampingan; dan e. Pada saat melakukan pendaftaran, usia calon pendamping lokal desa minimal 25 tahun dan maksimal 45 tahun.

 

2. Pendamping Desa

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat;
  2. Memiliki pengalaman dalam pengorganisasian masyarakat desa;
  3. Mampu melakukan pendampingan usaha ekonomi desa;
  4. Mampu melakukan teknik fasilitasi kelompok-kelompok masyarakat desa dalam musyawarah desa; Memiliki kepekaan terhadap kebiasaan, adat istiadat dan nilai-nilai budaya masyarakat desa;
  5. Mengenal adat istiadat, kultur budaya, tradisi dan kearifan lokal masyarakat di lokasi tugas, termasuk didalamnya dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah setempat;
  6. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel) dan jaringan internet;
  7. Mampu berkomunikasi dengan baik lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia;
  8. Latar belakang pendidikan dari semua bidang ilmu minimal Strata 1 (S-1) dengan pengalaman yang relevan dengan program pemberdayaan masyarakat minimal 2 (dua) tahun; atau D-3 dengan pengalaman kerja yang relevan dengan program pemberdayaan masyarakat minimal 4 (empat) tahun;
  9. Sanggup bertempat tinggal di lokasi penugasan; dan k. Pada saat melakukan pendaftaran usia calon pendamping desa maksimal 45 tahun.

 

3. Tenaga Ahli Infrastruktur Desa

  1. Berpengalaman dalam bekerja sama dengan aparat pemerintah daerah kabupaten;
  2. Berpengalaman melakukan pelatihan bagi masyarakat desa mencakup aspek penyusunan modul sederhana, fasilitasi peyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi, menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
  3. Berpengalaman melakukan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat desa dalam rangka penyediaan sarana-prasarana desa;
  4. Berpengalaman dalam memfasilitasi perencanaan, pelaksanaan dan kontrol pekerjaan teknik dalam rangka pembangunan sarana-prasarana desa;
  5. Pendidikan Strata 1 atau Diploma III dari bidang disiplin ilmu teknik sipil;
  6. Pengalaman minimal di bidang pemberdayaan masyarakat adalah 4 tahun untuk S-1 dan untuk D-III adalah 6 tahun;
  7. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel) dan jaringan internet;
  8. Mampu berkomunikasi dengan baik lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia;
  9. Mampu memfasilitasi dan bekerja sama dalam satu tim;
  10. Pada saat melakukan pendaftaran usia maksimal yaitu 50 tahun; dan
  11. Sanggup bertempat tinggal di lokasi penugasan.

 

4. Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif

  1. Berpengalaman dalam bekerja sama dengan aparat pemerintah daerah kabupaten;
  2. Berpengalaman melakukan pelatihan bagi masyarakat desa mencakup aspek penyusunan modul sederhana, fasilitasi penyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi, menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
  3. Berpengalaman melakukan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat desa dalam rangka pembangunan desa;
  4. Berpengalaman memfasilitasi pembangunan partisipatif, manajemen swakelola pembangunan desa , dan pengawasan berbasis komunitas;
  5. Berpengalaman memfasilitasi pengelolaan keuangan desa untuk pembiayaan pembangunan desa;
  6. Berpengalaman memfasilitasi masyarakat desa dalam menyusun rencana anggaran biaya pembangunan desa sesuai dengan harga satuan setempat;
  7. Mampu melakukan teknik fasilitasi kelompok-kelompok masyarakat desa dalam musyawarah desa;
  8. Pendidikan Strata 1 atau Diploma III dari semua bidang disiplin ilmu;
  9. Pengalaman minimal di bidang pemberdayaan masyarakat adalah 4 tahun untuk S-1 dan untuk D-III adalah 6 tahun;
  10. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel) dan jaringan internet;
  11. Mampu berkomunikasi dengan baik dan lisan tertulis dalam bahasa Indonesia;
  12. Mampu memfasilitasi dan bekerja sama dalam satu tim; m. Pada saat melakukan pendaftaran usia maksimal yaitu 50 tahun; dan
  13. Sanggup bertempat tinggal di lokasi penugasan.

 

5. Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna

  1. Berpengalaman dalam bekerja sama dengan aparat pemerintah daerah kabupaten;
  2. Berpengalaman melakukan pelatihan bagi masyarakat desa mencakup aspek penyusunan modul sederhana, fasilitasi peyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi, menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
  3. Berpengalaman melakukan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat desa dalam rangka pendayagunaan teknologi tepat guna (TTG);
  4. Berpengalaman memfasilitasi pengembangan TTG, promosi TTG, dan pendayagunaan TTG dalam rangka pendayagunaan sumberdaya desa;
  5. Pendidikan Strata-1 atau Diploma III dari semua bidang ilmu;
  6. Pengalaman minimal dalam bidang pemberdayaan masyarakat adalah 4 tahun untuk S-1 dan untuk D-III adalah 6 tahun.
  7. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel) dan jaringan internet;
  8. Mampu berkomunikasi dengan baik lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia;
  9. Mampu memfasilitasi dan bekerja sama dalam satu tim;
  10. Pada saat melakukan pendaftaran usia maksimal yaitu 50 tahun; dan
  11. Sanggup bertempat tinggal di lokasi penugasan.

 

6. Tenaga Ahli Pengembangan Pelayanan Dasar

  1. Berpengalaman dalam bekerja sama dengan aparat pemerintah daerah kabupaten;
  2. Berpengalaman melakukan pelatihan bagi masyarakat desa mencakup aspek penyusunan modul sederhana, fasilitasi peyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi, menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
  3. Berpengalaman melakukan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat desa dalam rangka pengembangan pelayanan dasar;
  4. Berpengalaman dalam memfasilitasi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan, pemberdayaan keluarga, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan perempuan dan anak, pemberdayaan warga difabel dan kelompok marginal, penanganan konflik sosial, pengembangan informasi desa);
  5. Pendidikan Strata 1 atau Diploma III dari semua bidang disiplin ilmu;
  6. Pengalaman minimal di bidang pemberdayaan masyarakat adalah 4 tahun untuk S-1 dan untuk D-III adalah 6 tahun.
  7. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel) dan jaringan internet;
  8. Mampu berkomunikasi dengan baik lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia;
  9. Mampu memfasilitasi dan bekerja sama dalam satu tim;
  10. Pada saat melakukan pendaftaran usia maksimal yaitu 50 tahun; dan
  11. Sanggup bertempat tinggal di lokasi penugasan.

 spesifikasi

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Surat lamaran ditujukan ke Satker Dekonsentrasi P3MD Pusat– Ditjen PPMD Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI;
  2. Berkas lamaran diantar langsung oleh calon pendaftar ke kantor BPM-PDT Provinsi Gorontalo (lantai 2), Kompl. Perkantoran Provinsi Gorontalo, Desa Tinelo Ayula Kec. Bulango Selatan Kab. Bone Bolango dengan melampirkan Curriculum Vitae (CV), Foto Copy Ijazah Terakhir (Legalisir), Foto Copy Transkrip Nilai (Legalisir), Foto Copy KTP yang berlaku, Pas Photo berwarna ukuran 3×4 cm (2 lembar), Foto Copy Surat Keterangan Pengalaman Kerja dan data pendukung lainnya;
  3. Berkas lamaran diisi dalam map ; Pendamping Lokal Desa (Kuning), Pendamping Desa (Merah), Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (Hijau), Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (Biru), Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (Orange) dan Tenaga Ahli Pengembangan Pelayanan Dasar (Abu-Abu);
  4. Pemasukan berkas lamaran mulai pukul 08.00 s/d 16.00 Wita (setiap hari kerja) mulai tanggal 29 Juli 2015 s/d 4 Agustus 2015 (cap pos);
  5. Persyaratan administrasi dapat diakses melalui http://s.id/lowonganpendamping dan berkas lamaran dapat dikirim melalui PO BOX 1818 GORONTALO;
  6. Informasi selengkapnya dapat menghubungi, sdr. Asrul (0813 4036 3484), Astried Ambo, SE (0852 4021 6724)

download selengkapnya klik-disini

 

 

Baca 11225 kali
© 2018, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo