>

Displaying items by tag: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Gorontalo

GORONTALO –  Masalah narkoba merupakan masalah yang kompleks yang harus segera ditanggulangi. Ini dikarenakan dampak narkoba tidak hanya pada aspek kesehatan tapi juga pada keamanan, ekonomi, hingga dapat mengancam keberlangsungan bangsa dan negara Indonesia.

Ini dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo Imran Bali, saat membuka sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) bagi pelajar, komite sekolah, kader PKH, dan unsur pemuda di ruang aula kantor Kesbangpol, Kamis (20/2/2020).

“Masalah narkoba tidak hanya menyerang kelompok atau kalangan tertentu, namun sudah merasuk ke berbagai lini kehidupan seperti keluarga, aparatur negara, termasuk anak-anak yang merupakan generasi penerus,” jelas Imran.

Sosialisasi P4GN kata Imran merupakan hal yang sangat penting, strategis dan merupakan wujud sinergitas antara BNN bersama pemerintah Provinsi Gorontalo serta instansi lainnya yang dapat menciptakan jejaring yang kuat untuk menanggulangi masalah penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Kabid Ketahanan dan Ekonomi Indriaty Bagoe sebagai ketua panitia menjelaskan, kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan dan pembekalan pada masyarakat khususnya para pelajar, komite sekolah, kader PKH, dan unsur pemuda.

Kegiatan yang diikuti 100 orang yang terdiri dari siswa SMA, pemuda, kader PHK ini mengangkat tema membangun generasi muda Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera tanpa narkoba.  Pemateri berasal dari unsur Kemenag dan BNN Provinsi Gorontalo.

 

Pewarta : Anie - Humas

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO -  Tim terpadu pemberantasan minuman keras di perbatasan Provinsi Gorontalo Bertempat dilepas di aula Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Jum'at (20/12/2019).

Pelepasan tim terpadu ini dipimpin Kepala Badan Kesbangpol Provinsi, Muhammad Ali Imran Bali, di dampingi Kepala Bagian Operasional (kabag Ops) Polda Gorontalo, AKBP Rahmat.

Operasi gabungan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie pada acara deklarasi bersama perang kejahatan panah wayer dan peredaran minuman keras sekaligus menjaga stabilitas keamanan menjelang perayaan Natal dan Pergantian Tahun 2020.

Fokus operasi ini di wilayah perbatasan, yaitu Kecamatan Popayato yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah, Kecamatan Tolinggula dengan Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Kecamatan Atinggola yang berbatasan dengan Sulawesi Utara, Kecamatan Taludaa dengan Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara serta Pelabuhan Anggrek dan Pelabuhan Kwandang.

“Personil yang bertugas di Posko-Posko pada Operasi Gabungan ini terdiri dari 10 personil Polda Gorontalo, 5 personil Korem 133/NW, 5 personil Lanal Gorontalo, 5 personil Dinas Satpol PP, 5 personil Kesbangpol, 5 personil Dinas Perhubungan, 5 Personil Koperindag,” kata Muhammad Ali Imran Bali.

Muhammad Ali Imran Bali juga mengapresiasi tindakan aparat TNI/Polri yang menggagalkan penyelendupan miras yang akan masuk Provinsi Gorontalo, provinsi yang berjuluk Serambi Madinah. Penyelendupan miras ini dapat digagalkan setelah aparat mendapat informasi dari masyarakat bahwa akan ada miras yang akan dibawa ke Gorontalo, bukan lagi melalui jalur darat tetapi jalur laut bahkan menggunakan mobil ambulance.

“Untuk itu aktivitas dari pelaku harus kita Waspadai,” ujar Muhammad Ali Imran Bali.

Sementara Kabag Ops Polda AKBP Rahmat mengatakan personil yang bertugas di 5 lokasi perbatasan terdiri dari unsur Polsek setempat sehingga dapat bergabung dengan tim dari Kesbangpol Provinsi Gorontalo, Satpol, Dinas Perhubungan, Dinas Koperindag, Korem 133/NW maupun Prajurit dari Lanal Gorontalo.

Arfan Sery Jusuf, Kepala bidang Bina Ideologi dan Wasbang Kesbangpol menambahkan secara keseluruhan personil yang berjumlah 40 orang akan dipantau terus oleh tiam mobile dan kegiatan ini akan berakhir 1 Januari 2020.

 

Pewarta : PPID Kesbangpol

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Kementerian Pertahanan bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan pembinaan peran sarana dan prasarana nasional untuk komponen pendukung pertahanan negara di Provinsi Gorontalo di Ruang Dulohupa Kantor Gubernur, Kamis (14/11/2019).

Pembinaan ini dilakukan karena pembangunan di bidang pertahanan dan keamanan telah menunjukkan kemajuan dan menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Syukri J Botutihe menyampaikan pemerintah ikut dalam mendukung program pertahanan dan keamanan yang menjadi prioritas nasional khususnya stabilitas pertahanan dan keamanan masuk dalam 8 prioritas pembangunan daerah.

“Pemerintahan lebih melayani untuk melakukan reformasi birokrasi yang fokus pada upaya menciptakan aparatur pemerintah yang kreatif, inovatif, kompetitif dan professional serta menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan politik daerah lebih aman sesuai amanat RPJMD Provinsi Gorontalo 2017-2022,” kata Syukri J Botutihe.

Sementara itu Teguh Wibowo, Kepala Sub-Direktorat Sarprasdukhan Kementerian Pertananan menjelaskan bahwa pertahanan negara bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

“Sarana dan prasarana nasional adalah hasil budidaya nasional yang dapat digunakan sebagai alat penunjang untuk kepentingan pertahanan negara dalam rangka mendukung kepentingan nasional. Dengan demikian fungsi atau peran sarana dan prasarana nasional menjadi sangat vital,” ujar Teguh Wibowo.

Di wilayah Provinsi Gorontalo terdapat 17 kawasan Pertahanan yang meliputi Komando Resort Militer 133/Nani Wartabone di Kabupaten Gorontalo, Pangkalan TNI AL di Kota Gorontalo, Pangkalan TNI AL di Kabupaten Gorontalo Utara, Pangkalan TNI AL di Kabupaten Boalemo, Satuan Radar 224 Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara, Brigade Infanteri – 22 Otamanasa, Komando Distrik Militer Kota Gorontalo, Komando Distrik Militer Kabupaten Gorontalo, Komando Distrik Militer Kabupaten Gorontalo Utara, Komando Distrik Militer Kabupaten Pohuwato, Komando Distrik Militer Kabupaten Boalemo, Komando Distrik Militer Kabupaten Bone Bolango,Markas Kepolisian Daerah Provinsi Gorontalo di Kabupaten Gorontalo, Mako Brimob di Kabupaten Bone Bolango.

 

Pewarta : PPID Kesbangpol

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

KOTA GORONTALO, Humas – Suasana duka menyelimuti bangsa Indonesia pasca wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibe pada Rabu kemarin. Tidak terkecuali bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

ASN di Kesbangpol Provinsi Gorontalo melakukan aksi hening cipta selama dua menit sebelum menggelar rapat Pengawasan Orang Asing, Kamis (12/9/2019). Rapat itu diikuti oleh unsur Forkopimda, Tim Pora, perwakilan OPD dan Kesbangpol Kabupaten/Kota.

“Mari kita mengheningkan cipta sambil mengirimkan doa atas wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Hening cipta mulai,” ucap Kaban Kesbangpol, Imran Bali.

Pantauan Humas sepanjang hari ini, pusat-pusat perkantoran mulai memasang bendera setengah tiang. Sejumlah warga juga melakukan hal yang sama sebagai tanda duka atas kepergian salah satu putra terbaik bangsa Indonesia itu.

Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo juga turun ke jalan dengan mobil berpengeras suara untuk mensosialisasikan pengibaran bendera setengah tiang. Imbauan itu sejalan dengan surat Sekretariat Negara tentang Hari Berkabung Nasional selama tiga hari ke depan.

 

Pewarta: Mardjun-Kesbangpol

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo
Rabu, 11 September 2019 19:40

Mantan Presiden BJ Habibie Mangkat

GORONTALO – Innalillahi wainna ilaihi rojiun, mantan presiden Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) mangkat pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.02 WIB.

BJ Habibie yang berdarah Gorontalo meninggal setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.  BJ Habibie yang lahir pada 25 Juni 1936 ini menjalani perawatan intensif beberapa hari.

“Tadi siang kami bersama masyarakat Gorontalo mendoakan kesembuhan Pak BJ Habibie, namun Tuhan berkehendak lain,” kata Imran Bali, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bersama Inspektur Huzairin Roham, Kepada Kantor Inpekstorat Provinsi Gorontalo.

Siang tadi, kedua instansi bersama warga Gorontalo melakukan doa bersama setelah salat ashar untuk kesembuhan mantan Presiden BJ Habibie.

Imran Bali dan Huzairin Roham malam ini kembali mengajak warga Gorontalo untuk berdoa atas wafatnya Presiden Ketiga Republik Indonesia ini.

“Almarhum memiliki jasa yang luar biasa dalam memajukan Indonesia. Beliau tokoh Indonesia dan juga dunia,” ujar Imran Bali.

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Kantor Inspektorat Provinsi Gorontalo menggelar doa untuk kesehatan dan keberkahan Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), mantan Presiden Republik Indonesia, Rabu (11/9/2019).

Kegiatan ini dilakukan setelah mantan presiden asal Gorontalo ini dikabarkan mendapat perawatan intensif di di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Pimpinan dan staf Badan Kesbangpol dan Kantor Inspektorat menggelar doa bersama yang diawali dengan salat ashar berjamaah di Masjid Almirshad.

“Kami mendoakan kesembuhan Bapak BJ Habibie yang sedang dalam proses perawatan di rumah sakit,” kata Imran Bali, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Gorontalo.

Imran Bali juga meminta masyarakat Gorontalo untuk bersama-sama mendoakan mantan Presiden BJ Habibie agar segera pulih dan sembuh sehingga dapat melakukan aktifitas.

“Mari seluruh warga Gorontalo berdoa untuk kesembuhan Bapak BJ Habibie,” kata Inspektur Huzairin Roham.

Suasana khusuk menyelimuti doa bersama ini, seluruh pimpinan dan staf dua instansi ini bermunajat kepala Allah SWT agar mantan Presiden BJ Habibie disembuhkan dari sakitnya. Saat ini BJ Habibie masih dalam perawatan intensif RSPAD Gatot Soebroto  Jakarta.

Doa bersama ini dipimpin oleh Ahmad Mulane dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

 

Pewarta : Rahmat Mardjun/Hasan Huradju - Badan Kesbangpol

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo
© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama