>

Displaying items by tag: Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo

Jumat, 18 September 2020 00:20

Dishub Laksanakan Apel Hari Perhubungan Nasional

 

GORONTALO -  Bertempat di halaman kantor Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Kamis (17/9/2020), Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menggelar apel Hari Perhubungan Nasional yang dilaksanakan secara terbatas yang  hanya diikuti oleh pejabat administrator, pejabat pengawas dan perwakilan pelaksana. Apel ini dipimpin oleh Kepala Dinas M Jamal Nganro.

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO - Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi melalui sambungan video conference untuk menindaklanjuti hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Rabu (1/04/2020).

Rapat dipimpin Kepala Dinas Perhubungan, M Jamal Nganro beserta seluruh kepala dinas perhubungan kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo.

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Sebanyak 10 unit armada Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan sebuah bus disemprot disinfektan di tempat mangkalnya, Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo utara, Jumat (27/3/2020).

Penyemprotan ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo sebagai antisipasi penyebaran virus corona, kegiatan ini merupakan program Giat ABC atau Kegiatan Angkutan Bebas Corona.

Tidak hanya di Moluo, Dinas Perhubungan juga melakukan penyemprotan disinfektan di Terminal Limboto, Kabupaten Gorontalo.

“Di Terminal Limboto kami menyemprot 37 unit AKDP, 7 unit pickup atau mobil barang dan 31 unit bentor,” kata Kepala bidang Angkutan Jalan, Abdul Karim Rauf, yang mengkoordinir Giat ABC di lapangan.

Di Kota Gorontalo, Giat ABC ini dilaksanakan di Terminal Pusat Kota dan di Transit Car.

“Di Kota Gorontalo kami juga melaksanakan penyemprotan disinfektan ke armada angkutan sebanyak 79 unit AKDP dengan perincian 46 armada di terminal pusat kota dan 33 unit di transit car,” papar  Abdul Karim Rauf.

Giat ABC juga dilakukan dengan penyesuaian tempat duduk di ruang tunggu terminal pusat kota sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Penumpang atau masyarakat tidak berdekatan saat menduduki kursi di ruang tunggu.

Abdul Karim Rauf menambahkan Giat ABC ini akan dilanjutkan pada Senin pekan depan di Kabupaten Bone Bolango dan Selasa di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

“Kami berharap bantuan dan kerjasama Dinas Perhubungan kabupaten yang mendpaat giliran penyemprotan untuk bersama-sama memfasilitasi menyiapkan angkutan yang akan disemprot disinfektan,” pinta Abdul Karim Rauf.

 

Pewarta : Monika Oktaviarini - Perhubungan

Dipublikasikan pada Kabupaten Gorontalo Utara

GORONTALO – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona Desease (Covid-19), Pemerintah Provinsi Gorontalo melakukan penyemprotan disinfektan di Pelabuhan , penyeberangan kapal feri, dan kantor Dinas Perhubungan serta Dinas Kominfo dan Statistik, Kamis (19/3/2020).

Upaya cepat tanggap Pemerintah Provinsi Gorontalo ini sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, seperti yang diinstruksikan Gubernur Rusli habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim.

Proses penyemprotan cairan disinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di pelabuhan, penyeberangan, kantor Dinas Perhubungan serta Dinas Kominfo dan Statistik langsung dipantau oleh Kepala Dinas Perhubungan, M Jamal Nganro.

“Pelabuhan dan Penyeberangan Gorontalo merupakan area publik yang cukup sibuk, mengingat aktivitas di kedua lokasi ini adalah bongkar muat barang dan pelayanan kapal feri dengan arus keluar masuk manusia yang cukup ramai, untuk itu perlu antisipasi penyebaran Covid-19, salah satunya melalui penyemprotan disinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI),”  kata M Jamal Nganro.

M Jamal Nganro menjelaskan, upaya ini merupakan arahan Kementerian Perhubungan  melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor SE 8 tahun 2020 tentang langkah siaga hadapi penyebaran virus corona di wilayah pelabuhan Indonesia. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawahnya untuk aktif dan responsif melakukan tindakan  mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah pelabuhan.

 “Selain di pelabuhan dan penyeberangan, kami bersama PMI juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat kerja, yakni di Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo serta Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, ini adalah tindak lanjut dari Surat Edaran Gubernur Gorontalo nomor 440/Dikes/333 tentang upaya pencegahan penularan Covid-19 di tempat kerja,” ujar M Jamal Nganro.

Jamal Nganro meminta masyarakat dan aparatur yang menggunakan transportasi umum dapat menjaga kesehatan, menghindari menggunakan tangan secara langsung usai memegang kemudi/grip, menyeka wajah agar terhindar dari tertempelnya virus.

 

Pewarta : Monika Oktaviarini - Perhubungan

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO - Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo bersama Bandara Djalaludin, Pelabuhan, Penyeberangan, dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI bersinergi melakukan tindakan pencegahan penularan Corona Virus Disease (Covid-19) pada area dan transportasi publik di Provinsi Gorontalo.
“Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan dan Gubernur Gorontalo, Dinas Perhubungan dan UPT Kementerian Perhubungan terus meningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) pada area dan transportasi publik, mulai dari sosialisasi, penyediaan alat deteksi dini, hingga pembersihan moda transportasi secara berkala,” kata M Jamal Nganro, kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Kamis (19/3/2020).

M Jamal Nganro meminta seluruh perusahaan angkutan umum dapat melaksanakan tindakan dan peningkatan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 pada transportasi publik.

Tidak hanya perusahaan angkutan umum, M Jamal Nganro juga  meminta para penumpang transportasi publik untuk berhati-hati dan waspada.

Beberapa upaya yang dilaksanakan Dinas Perhubungan bersama UPT Kementerian Perhubungan antara lain menyediakan sabun cuci tangan dan wastafel/tempat cuci tangan maupun cairan higienis/pembersih tangan dengan alkohol 70-80 persen untuk penumpang, pengemudi dan pegawai, baik di Bandara Djalaludin Gorontalo,  Pelabuhan Gorontalo, Penyeberangan Gorontalo, dan Terminal Dungingi.

“Angkutan BRT NKRI yang dikelola Perum DAMRI secara rutin telah melakukan pembersihan kendaraan yang keluar dan masuk area penyimpanan kendaraan (pool) dengan disinfektan khusus, sebelum dan sesudah beroperasi serta memberikan hand sanitizers kepada para penumpang yang akan naik bus,” ujar M Jamal Nganro.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Gorontalo juga menyediakan alat thermal gun untuk mendeteksi secara dini dan memantau suhu tubuh penumpang di Bandara Djalaludin pada saat keberangkatan dan kedatangan, demikian juga di penyeberangan dan pelabuhan.

Tidak hanya itu, sosialisasi gejala, tanda, dan cara mencegah penularan infeksi akibat Covid-19 kepada pengemudi, penumpang dan karyawan terus dilakukan bersama-sama.

“Selain upaya tersebut, penting juga memberikan edukasi  untuk menghindari menggunakan tangan secara langsung usai memegang kemudi/grip pada angkutan umum, untuk menyeka wajah agar terhindar dari tertempelnya virus dan lain-lain, serta segera melaporkan ke Posko bila melihat atau ditemukan penumpang angkutan umum yang mengalami gejala demam yang disertai batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas,” kata M Jamal Nganro.

Pewarta : Monika Oktaviarini - Perhubungan

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

TIBAWA  -  Tim lintas instansi menemukan pembangunan dam parit di aliran sungai Pulubala dan saluran sekunder Molalahu yang mengarah ke bandar udara Jalaluddin Tantu terputus sehingga air mengalir ke kiri dan kanan.

Akibatnya, ketika turun hujan deras yang lama, sungai tersebut tidak mampu menampung air dan meluap dan menggenangi rumah warga.

Masalah ini ditemukan saat M Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo bersama Dinas PUPR, PU Kabupaten Gorontalo, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II,  pengelola Bandara Djalaluddin dan Camat Tibawa meninjau aliran sungai Pulubala yang berada di samping runway 27 bandara, Rabu (11/3/2020).

Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan langkah mengatasinya sebagai upaya mitigasi banjir di Kecamatan Tibawa yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

M Jamal Nganro akan berkoordinas dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II untuk melakukan normalisasi sungai, termasuk pembongkaran damparit di saluran pembuangan, dan saluran sekunder Molalahu akan dilanjutkan airnya sampai berketemu ke saluran berikutnya.

“Kami akan segera menyelesaikan ini dengan instansi terkait, sehingga masalah segera teratasi,” ujar M Jamal Nganro.

 

Pewarta : Idfy B - Perhubungan

Dipublikasikan pada Kabupaten Gorontalo

ANGGREK – Kesiapan penguatan dermaga Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara dibahas dalam rapat koordinasi Rabu, (11/3/2020). Pertemuan ini dihadiri Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Kepala UPP Anggrek, Dinas Perhubungan Kabupaten Gorontalo Utara, Kapolsek serta sejumlah pemangku kepentingan.

Rapat ini dilaksanakaan untuk merealisasikan program penguatan dermaga yang akan meningkatkan performa layanan terminal peti kemas dan sandar kapal di pelabuhan Anggrek.

Pengerjaan penguatan dermaga Anggrek memiliki dimensi sepanjang 150 meter yang ditargetkan selesai dalam waktu 6 bulan yang dilakukan secara bertahap.

“Pengerjaan bertahap ini untuk menjaga keberlangsungan pelayanan kegiatan sandar kapal dan bongkar muat peti kemas dari dan ke kapal,” kata M Jamal Nganro.

M Jamal Nganro menjelaskan selama pengerjaan proyek siklus pelabuhan tetap berjalan sebagaimana mestinya, pelabuhan Anggrek tetapberaktifitas seperti biasanya tanpa mengganggu kelancaran bongkar muat kapal atau aktifitas lainnya.

“Kinerja tidak boleh berkurang tetapi manajemennya yang diubah,” ucap M Jamal Nganro.

Dalam rapat ini semua masukan dari pemangku kepentingan menjadi langkah awal yang baik  untuk meningkatkan kinerja pelabuhan Anggrek, tidak ada pengurangan layanan pelabuhan, yang diperbaiki adalah manajemen pengelolaannya.

“Jangan karena Pelabuhan ada perbaikan kinerja menurun. Waktu istirahat yang akan berubah, harus ada penerangan karena berdampak pada pekerjaan malam, mengidentifikasi bahan, mengecek kesiapan bahan untuk pengerjaan pelebaran dermaga, selanjutnya adanya pembatas fisik yang masuk di area proyek dan masa pemeliharan harus diikuti sesuai prosedur yang ada,” papar M Jamal Nganro.

 

Pewarta : Idfy B - Perhubungan

Dipublikasikan pada Kabupaten Gorontalo Utara

KWANDANG –  Masalah “Over Dimension Over Load” atau yang biasa dikenal ODOL pada kendaraan menjadi topik bahasan dalam rapat koordinasi bidang perhubungan darat di rumah makan Saronde Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara Kamis, (12/3/2020).

ODOL ini biasanya dilakukan pada kendaraan truk dengan bak modifikasi agar dimensinya sanggup menampung muatan di luar ketentuan.

Rakor ini dilaksanakan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo yang dihadiri Dinas Perhubungan kabupaten/kota, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI dan para penguji kendaraan bermotor dan PPNS.

“Rakor ini dilaksanakan sebagai wahana konsolidasi langkah strategis dan optimalisasi untuk menyukseskan program dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” kata M Jamal Nganro, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo.

Menurut M Jamal Nganro, dinas perhubungan sebagai pembina teknis di daerah secara terkoordinasi berkewajiban meneruskan kebijakan pemerintah pusat di sektor perhubungan kepada kabupaten/kota yang bertujuan menegakkan dan menyosialisasikan aturan baru di sektor perhubungan kepada masyarakat, pengguna jasa, pengguna jalan serta mitra kerja.

Tema rakor merajut sinergitas mewujudkan transportasi Gorontalo yang tertib, lancar dan selamat.

“Dengan tema tersebut kami berusaha mengidentifikasikan dan memecahkan berbagai permasalahan sektor perhubungan,” ucap M Jamal Nganro.

Dalam pertemuan ini sejumlah dinas perhubungan kabupaten/kota telah menyampaikan sejumlah usulan, masalah dan kendala di lapangan.

Menanggapi hal ini Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI, Herman Armanda mengatakan usulan dan kendala yang telah disampaikan akan dibahas lebih lanjut. Sejumlah usulan seperti penambahan fasilitas kesehatan akan ditindaklanjuti setelah ada lokasi koordinatnya.

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Abd Karim Rauf menyimpulkan 7 poin pada rapat ini, kabupaten/kota akan mengusulkan fasilitas kesehatan beserta titik koordinat ke BPTD Wilayah XXI, bantuan teknis fasilitas kesehatan LLAJ akan diusulkan tahun 2021, rakornis regional dilaksanakan awal April dan melibatkan seluruh daerah di Sulawesi.

Selain itu juga perlu penyelengggaraan rapat penguji dan PPNS untuk menyamakan persepsi, apel atau gelar pasukan akan dilaksanakn 2 kali pada awal sebelum puasa dan persiapan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), dan yang terakhir rakornis perhubungan akan dilaksanakan di Kabupaten Pohuwato.

 

Pewarta : Idfy B - Perhubungan

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi persiapan operasi dan penindakan hukum angkutan umum orang dan barang di ruang Poboide,  Selasa (11/2/2020).

Pertemuan yang dihadiri Kepala Bidang Angkutan Jalan, Abd Karim Rauf, Dinas Perhubungan kabupaten/kota, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI, penguji dan PPNS kabupaten/kota serta Direktorat Polda Gorontalo.

“Penertiban dan penindakan secara terpadu akan dilaksanakan selama 5 hari di kabupaten/kota. Untuk angkutan barang pemeriksaan dilakukan oleh penguji kendaraan bermotor dan akan dilakukan sosialisasi mengenai penerapan surat tilang lalu lintas dan angkutan jalan,” kata Abd Karim Rauf.

Kerja kolaboratif berbagai pihak ini merupakan bentuk sinergitas antara Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dengan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, BPTD XXI dan Ditlantas Polda Gorontalo. Sinergi kali ini akan dietrapkan  pada penertiban dan penindakan angkutan umum  orang dan barang di Provinsi  Gorontalo dan adanya Kendaraan angkutan barang yang overload atau overdimensi .

Pemerintah serius akan menindak truk yang memiliki berat dan ukuran lebih atau Over Dimension Over Load (ODOL). Truck seperti ini sangat merugikan masyarakat dan Pemerintah Daerah, sebab truk bermuatan dan ukuran lebih membuat jalan cepat dan rusak.

“Dalam rapat telah kita sepakati untuk menyatukan persepsi dan menyusun jadwal kegiatan penertiban truk yang masuk kategori ODOL,” kata Abd Karim Rauf.

Pemerintah berupaya seluruh kendaraan yang beroperasi mematuhi aturan berlalu lintas. Upaya penegakan hukum akan dilakukan bagi setiap pelanggar kendaraan over dimensi dan Overload (ODOL).

“Penegakan ini bertujuan memberikan efek jera kepada sopir angkutan. baik angkutan barang atau angkutan penumpang yang beroperasi agar betul-betul mematuhi segala peraturan yang ada, apalagi sekarang banyak angkutan penumpang yang memakai plat hitam, dan kendaraan ODOL atau kendaraan dengan dimensi dan muatan yang tidak sesuai dapat membahayakan pengendara lain di jalan raya,” ucap Abd Karim Rauf.

 

Pewarta : Idfy B - Dishub

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Memasuki era digital pengelola pelabuhan dituntut untuk memberi pelayanan yang mudah dan cepat sesuai program prioritas Pemerintah Provinsi Gorontalo, pemerintah yang lebih melayani.

Untuk mendukung hal tersebut Kementerian Perhubungan melalui Kantor KSOP Kelas III Gorontalo  bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo akan menerapkan aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Gorontalo tahun 2020.

Inaportnet adalah sistem informasi layanan tunggal elektronik berbasis internet untuk mengintegrasikan aplikasi pada bidang kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan, termasuk sistem layanan Badan Usaha Pelabuhan (BUP), pergerakan PBM, JPT dan terminal operator.

Langkah awal yang dilakukan Kantor KSOP Kelas III Gorontalo  adalah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Dinas Perhubungan melakukan sosialisasi awal kepada pemangku kepentingan di pelabuhan .

“Kami mengimbau pengusaha Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) dan Perusahan Bongkar Muat (PBM) yang belum menyesuaikan dengan ketentuan yang ada untuk segera memenuhinya, seperti  melakukan registrasi ulang melalui Online Single Submission (OSS), menjadi anggota Asosiasi ALFI/ILFA Provinsi Gorontalo untuk pengusaha Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) dan melapor di Kantor Otoritas Pelabuhan,” kata Abdul Munir Humokor, Kepala Bidang Pelayaran Penerbangan dan Perkeretaapian, Rabu (12/2/2020). 

Abdul Munir Humokor berharap diterapkannya aplikasi  Inaportnet di pelabuhan Gorontalo ini dapat mengubah proses layanan kapal dan barang yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini dapat diproses secara terintegrasi, transparan dan akuntable sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi daerah dan daya saing global.

 

Pewarta : Idfy B - Dishub

Dipublikasikan pada Provinsi Gorontalo
Halaman 1 dari 4
© 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo
Jalan Sapta Marga Kelurahan Botu
Kota Gorontalo - Gorontalo

Menu Utama