Wilayah Boalemo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Gorontalo terletak antara 00o23 50 -00o55 40 LS dan 122o01 10 -122o39 25 , dengan lusa wilayah keseluruhan 2.300,90 Km2. Daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo di sebelah utara dan timur, Teluk Tomini di sebelah selatan, kabupaten Pohuwato di sebelah barat. Secara administratif, daerah ini terbagi menjadi 7 Kecamatan dan 75 Desa.

        Kabupaten ini memiliki beragam wisata alam. Hal ini karena kondisi geografis wilayah yang berbatasan dengan Laut sulawesi di sebelah utara dan teluk Tomini di sebelah selatan. Di Kecamatan Tilamuta terdapat tiga obyek tujuan wisata: Pantai Boalemo indah di Desa Bolhutuo, Pulau Pasir putih di depan Desa Bajo dan Air Terjun ayuhulalo di Desa Ayuhulalo. Kabupaten ini memiliki dua taman laut: Taman laut Pulau Nimba di Desa Limbatihu Kecamatn Paguyaman. Selain wisata alam, daerah ini memiliki wisata budaya, wisata yang diunggulkan adalah perkampungan suku Bajo dengan bangunan rumah di atas air laut di Desa Bajo, wisata budaya lain adalah Tari sabe yang merupakan ataraksi alami berupa tarian di atas bara api dengan kekuatan magis.

        Pertanian merupakan sektor yang menjadi unggulan daerah ini, hasil pertanian daerah ini berupa bahan tanaman pangan yang meliputi: padi, jagung dan tanaman palawija. Untuk perkebunan, komoditi utama perkebunan Boalemo meliputi jambu mete, kelapa dalam, kelapa hibrida, dan kopi robusta. Guna meningkatkan pendapatan daerah, selain dari pariwisata, Boalema menjadikan kegiatan ekonomi di bidang perikanan dan kelautan sebagai sektor unggulan daerah ini. Perairan yang dimiliki Boalemo menyimpan berbagai ikan laut yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi seperti tuna, ikan layang, kerapu tikus. Menyadari akan potensi perikanan yang dimiliki, Desa Taulo di Kecamatan Manangu dipilih sebagai lokasi utama untuk etalase periakanan, yang funsi utama sebagai tempat penampungan ikan, ikan yang ditampung disini tidak hanya ikan-ikan hasil tangkapan nelayan Boalemo sendiri atau nelayan di kawasan timur Indonesia. TPI yang menyelenggarakan jual beli ikan dengan sistem lelang ini menjadi tempat nelayan-nelayan Bitung menjual hasil ikan tangkapan mereka.

 

Sumber Data: www.gorontalo.bps.go.id