Sejarah berdirinya Kabupaten Gorontalo (Kabupaten Induk) Maupun Kabupaten Bone Bolango (Rencana Pemekaran Kabupaten Gorontalo diwilayah Timur) yang berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 132 Tahun 1978 merupakan pembantu Bupati Kepala Daerah Wilayah II yang meliputi wilayah kerja Kecamatan Tapa, Kecamatan Kabila, Kecamatan Suwawa, dan Kecamatan Bone Pantai dalam dimensi historis tidak dapat dipisahkan dan dibedakan dengan sejarah Gorontalo keseluruhan.

Kabupaten Bone Bolango dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bonebolango dan Kabupaten Pohuwato di Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan posisi geografisnya, Kabupaten Bone Bolango memiliki batas-batas: Utara – Kabupaten Bolaang Mongondow (Provinsi Sulawesi Utara) dan Kabupaten Gorontalo Utara; Selatan –Teluk Tomini; Barat – Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo; Timur – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Provinsi Sulawesi Utara).

Kabupaten Bone Bolango terdiri dari 18 Kecamatan, yaitu:

  1. Kecamatan Tapa
  2. Kecamatan Bulango Utara
  3. Kecamatan Bulango Selatan
  4. Kecamatan Bulango Timur
  5. Kecamatan Bulango Ulu
  6. Kecamatan Kabila
  7. Kecamatan Botupingge
  8. Kecamatan Tilongkabila
  9. Kecamatan Suwawa
  10. Kecamatan Suwawa Selatan
  11. Kecamatan Suwawa Timur
  12. Kecamatan Suwawa Tengah
  13. Kecamatan Pinogu
  14. Kecamatan Bonepantai
  15. Kecamatan Kabila Bone
  16. Kecamatan Bone Raya
  17. Kecamatan Bone
  18. Kecamatan Bulawa

Luas Kabupaten Bone Bolango secara keseluruhan adalah 1.984,58 km2. Jika dibandingkan dengan wilayah Provinsi Gorontalo, luas Kabupaten ini sebesar 16,24%. Kecamatan terluas di Kabupaten Bone Bolango adalah Kecamatan Pinogu dan kecamatan yang memiliki luas terkecil adalah Kecamatan Bulango Selatan.

Iklim

Rata-rata kecepatan angin pada tahun 2017 yang dipantau Stasiun Klimatologi Tilongkabila tidak mengalami perubahan setiap bulannya, yaitu pada 2 knot. Selama setahun suhu udara rata-rata Kabupaten Bone Bolango berkisar antara 26,0 – 28,6oC, menunjukkan kisaran suhu yang sama dari tahun lalu.

Sementara itu, rata-rata kelembaban relatif adalah 82 – 87%. Catatan curah hujan Kabupaten Bone Bolango tahun 2017 berkisar antara 7,3 – 381,0 mm (Pos Bone Raya). Jumlah hari hujan terbanyak terjadi pada bulan Januari dan Mei 2017 yaitu 24 hari (Pos Kabila). Sedangkan catatan curah hujan Kabupaten Bone Bolango tahun 2016 berkisar antara 7 - 293 mm. Jumlah hari hujan terbanyak terjadi pada bulan Mei 2017 yaitu 23 hari.