Beberapa Prestasi dan Penghargaan yang pernah diraih Provinsi Gorontalo, antara lain :

  1. Sukses meraih penghargaan opini pengelolaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut (2013-2017) menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mengelola keuangan yang transparan dan akuntabel,
  2. Kecap Baraja (batang dan rambut jagung) hasil inovasi dua siswa dari Provinsi Gorontalo berhasil meraih Juara Kedua Nasional pada lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Kedua siswa tersebut adalah Yayan Sahi dan Niva Isa, keduanya adalah siswa SMA Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo.
  3. Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadi terbaik 4 nasional dalam hal pengelolaan irigasi di Indonesia tahun 2017. Penghargaan yang diserahkan Diah Indrajati selaku Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri diterima oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang diwakili Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Sutan Rusdy bertempat di hotel Grand Inna Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (18/9/2018).
  4. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menerima penghargaan dari PMI Pusat atas dedikasinya mendukung gerakan kepalangmerahan di daerah. Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita itu dirangkaikan dengan Temu Karya Relawan PMI tingkat Nasional VI yang berlangsung di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (17/9/2018).
  5. Gubernur Gorontalo meraih penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award tahun 2018 untuk kategori kepala daerah pendukung kebangkitan zakat. 
  6. Pemprov Gorontalo meraih penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia sebagai salah satu dari 17 provinsi yang telah menyelesaikan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) penyelenggaraan pemerintah daerah oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI tahun 2017.